Wednesday, March 16, 2016

PESAN SAYYIDINA ALI BIN ABI THALIB

‘Sayyidina. Ali bin Abi Thalib r.a. pernah berkata: 

مَنْ اشْتَاقَ إِلَى الْجَنَّةِ سَارَعَ إِلَى الْخَيْرَاتِ مَنْ اشْفَقَ مِنْ النَّارِ انْتَهَى عَنْ الشَّهْوَاتِ وَمَنْ تَيَقَّنَ بِالْمَوْتِ انْهَدَمَتْ عَلَيْهِ اللَذَّاتُ وَ مَنَ عَرَفَ الدُّنْيَا هَانَتْ عَلَيْهِ الْمُصِيْبَةُ

"Barang siapa merindukan surga, maka ia akan bersegera dalam melaksanakan kebaikan. Barang siapa takut siksa neraka, maka ia akan berhenti dari mengikuti hawa nafsunya. Barang siapa meyakini datangnya kematian, maka ia tidak akan terlena dengan kesenangan duniawi. Barang siapa mengetahui bahwa dunia adalah negeri cobaan, maka semua musibah yang menimpanya akan terasa ringan.” (Dikutip dari kitab Nashaihul 'Ibad karya Imam Nawawi Al-Bantani).

Ali bin Abi Thalib r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Didiklah anak-anak kalian dengan tiga macam perkara yaitu mencintai Nabi kalian dan keluarganya serta membaca Al-Qur’an, karena sesungguhnya orang yang menjunjung tinggi Al-Qur’an akan berada di bawah lindungan Allah, diwaktu tidak ada lindungan selain lindungan-Nya bersama para Nabi dan kekasihnya” (H.R Ad-Dailami)

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم:كُنْ عَالِمًا اَوْ مُتَعَلِّمًا اَوْ مُسْتَمِعًا اَوْ مُحِبًا وَلَا تَكُنْ خَامِسًا فَتُهْلِكَ (رَوَاهُ الْبَيْهَقِ )

Rasulullah SAW juga bersabda :”Jadilah engkau orang yang berilmu (pandai) atau orang yang belajar, atau orang yang mendengarkan ilmu atau yang mencintai ilmu. Dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka (H.R Baihaqi)

مَنْ اَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَ الْأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَهُمِا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ (رَوَاهُ الْبُخَارِى وَمُسْلِمٌ )

“Barangsiapa yang menghendaki kebaikan di dunia maka dengan ilmu. Barangsipa yang menghendaki kebaikan di akhirat maka dengan ilmu. Barangsiapa yang menghendaki keduanya maka dengan ilmu” (HR. Bukhari dan Muslim).

No comments:

Post a Comment