1. PERGI SESUDAH FAJAR MEMBATALKAN PUASA: Bolehkan org yg bersafar stlh Fajar membatalkan puasa? Jawab: Tidak boleh, krn bolehnya membatalkan puasa bagi musafir, jika berangkatnya seblm fajar.
2. AROMA YG TERSISA STLH MENJAMAH MASAKAN: Bolehkah bagi org yg puasa menjamah makanan, mengingat aroma makanan masih terasa di lidah? Jawab: Boleh, asalkan tidak menelan apa yg dijamah tersebut.
3. MENGUNYAH MAKANAN UTK SANG BAYI: Kasih syg seorg ibu begitu besar pada anak tercintanya. Ia rela melakukan apapun demi pertumbuhan dan kesihatan anaknya. Termasuk ketika menyuap anak, si ibu terlebih dulu mengunyah seblm makanan diberikan pada anaknya, padahal dia dlm keadaan berpuasa. Apakah mengunyah makanan diperbolehkan bagi org yg berpuasa s'mtara aroma dan rasa makanannya sgt ketara di lidah? Jawab : Boleh, dgn syarat tanpa menelan makanan yg dikunyah tersebut, walaupun aroma dan rasa makanan masih terasa dilidah.
4. SAHUR SEBLM JAM 12 Mlm: Utk mengurangkan rasa haus dan lapar saat berpuasa, agama menganjurkan agar mengakhirkan makan sahur. Hal ini tidak lain supaya lebih kuat dan semangat dlm menjlnkan ibadah puasa. Namun entah krn apa, terkadang sebhg org melaksanakan makan sahur seblm jam 12 mlm. Apakah yg demikian masih mendptkan kesunahan sahur? Jawab: Tidak, krn waktu sahur mulai pertengahan mlm.
5. NIAT PUASA ISNIN-Khamis PLUS QADA: Seseong mempunyai tanggungan qada puasa Ramadlan. Kebetulan disaat mengqada puasa bertepatan dgn hari Isnin. Kesempatan ini tidak disia2kan olehnya, disamping melakukan puasa qada, ia juga niat mengerjakan puasa sunah. Bolehkah ia mendptkan dua pahala, yakni pahala qada dan sunah? Jawab: Boleh, apb keduanya diniati.
6. SATU NIAT DUA PAHALA: Kadang2 pada hari2 tertentu, puasa disunahkan krn dua sbb, semisal hari Khamis bertepatan dgn hari Asyura. Apakah org yg berpuasa pada hari tersebut boleh memperoleh dua kesunahan? Jawab: Boleh, asalkan keduanya diniati.
7. MENJUAL MAKANAN DI SIANG HARI: “Terpaksa” sering dibuat alasan sbg pembenaran atas semua tindakan. Sbgmn realiti yg terjadi di sekeliling kita. Walaupun sudah tahu bln puasa, masih saja ada yg berjualan makanan disiang hari. Bolehkah menjual makanan disiang hari pada saat bln Ramadan? Jawab: Tidak boleh, krn mendorong terjadinya maksiat. Kecuali menjual makanan utk persiapan buka puasa.
8. MASUKNYA AIR KE TELINGA SAAT MANDI: Mandi disaat cuaca panas sgt menyegarkan tubuh, terlebih lagi ketika tubuh letih dan berkeringat. Hal ini dimanfaatkan oleh sebhg org yg tubuhnya mulai lemas krn berpuasa. Apakah masuknya air tanpa disengaja pada bhg anggota tubuh semisal telinga dpt membatalkan puasa? Jawab: Membatalkan puasa, kecuali ketika mandi wajib atau sunah.
9. MEMAKAI UBAT TITIS MATA: Kenyataan dimasyarakat, tidak sedikit yg harus dipertegas kembali mengenai sah dan tidaknya sebuah ibadah. Contoh kecil, seseorg yg sdg melaksanakan ibadah puasa mengubati matanya dgn Visin, ternyata ubat titis tersebut sgt terasa di tenggorokan. Apakah hal tersebut membatalkan puasa? Jawab: Puasanya tidak batal. Krn ubat mata yg terasa di tenggorokan itu masuk melalui pori-pori, bukan lubang yg tembus ke tenggorokan, spt hidung.
10. PEKERJA BERAT MEMBATALKAN PUASA: Kehidupan masyarakat yg di bwh garis kemiskinan sgt memperihatinkan. Mrk harus banting tulang, tidak mengenal lelah demi menutupi keperluan anak isterinya. Pekerjaan beratpun dianggap hal yg biasa, ketimbang tidak sama sekali. Apakah pekerja berat spt kuli bangunan, penuai padi dan sesamanya boleh membatalkan puasa? Jawab: Boleh, apb dgn puasa akan mengalami kepayahan (masyaqqat).
11. JUMLAH QADA PUASA TIDAK DIKETAHUI: Pintu taubat blm tertutup, selama nyawa masih dikandung badan dan bersungguh2 insyaAllah akan terampuni. Namun bertaubat tidak cukup hanya dgn penyesalan, disamping itu juga harus mengqada semua kewajiban yg telah ditinggalkan, termasuk puasa. Berapakah puasa yg harus diqada, bila seseorg lupa jumlah puasa yg ditinggal kannya?Jawab: Wajib mengqada puasa smpi yakin sudah dikerjakan semua.
12. PUASA WANITA Yg Blm MANDI BESAR: Sbgmn telah diketahui, bagi perempuan ketika keluar darah haid tidak boleh melakukan sebuah ibadah yg mensyaratkan niat atau suci dari hadas, spt: solat, tawaf dan sesamanya. Begitu pula sebaliknya, ia harus segera melakukan ibadah fardlu saat darah haid mulai berhenti. Sahkah ibadah puasanya perempuan yg sudah kering dari haidnya akan ttp blm mandi besar? Jawab: Sah.
13. PEMANDU SERING MEMBATALKAN PUASA: Menikah dan berkeluarga bukan pekerjaan mudah, perlu kesiapan zahir dan batin. Taruh saja pemandu bus yg setiap harinya jauh dari keluarga krn tuntutan ekonomi. Kehidupannya selalu di perjlnan menuju satu kota ke kota yg lain demi anak dan isteri. Apakah bagi pemandu setiap harinya diperbolehkan membatalkan puasa mengingat ia selalu bepergian? Jawab: Tidak boleh, krn akan meninggalkan kewajiban puasa selama2nya, kecuali ada niat mengqada puasa. Namun menurut Ibn Hajar selama dlm bersafar boleh membatalkan puasa.
14. MENELAN LUDAH KETIKA GUSI BERDARAH: Dlm melaksanakan ritual puasa bnyk hal yg perlu diketahui terkait masalah batal dan tidaknya puasa. Disaat sdg berpuasa gusi yg sering mengeluarkan darah. Akibatnya percam-puran air ludah dan darah sulit dihindari. Hal ini akan menjadi masalah ketika ia mau menelan ludahnya. Apakah puasanya batal saat menelan ludah? Jawab: Batal, kecuali jika darah yg keluar dari gusi tersebut terus menerus. Dgn demikian hal itu termasuk masyaqqat.
15. MENETESKAN Ubat DI TELINGA: Kesihatan jasmani sgt mahal harga nya. Org yg menderita sakit, meskipun hanya ditelinga, akan kebingungan krnnya. Bahkan berbagai upaya ia lakukan demi kesembuhan penyakitnya. Sahkah puasa seseorg yg menaruh ubat dilubang telinganya, mengingat ia merasa kesakitan? Jawab: Sah, jika yakin ubat tersebut boleh menyembuhkan atau menghilangkan rasa sakit, krn termasuk darurat.
16. MENGGOSOK GIGI DGN PASTA GIGI: Sering kita temui, ketika seseorg menggosok gigi dibasahkan dgn air. Air bekas basuhan tersebut mungkin ikut tertelan bersamaan dgn ludah. Apakah hal yg demikian membatalkan puasa? Jawab: Batal, jika air yg digunakan utk membasahi siwak atau sikat gigi tersebut ikut tertelan.
17. MASUKNYA DAHAK KE DLM PERUT: Seseorg yg terserang penyakit flu, biasanya hidung tersumbat akibat bnyknya dahak di dlmnya. Terkadang dahak tersebut tertelan dgn sendirinya krn sulitnya utkk menahan agar tidak tertelan. Batalkah puasa seseorg yg di rongga hidungnya terdpt dahak, kemudian masuk ke dlm perutnya? Jawab: Jika telah mencapai batas luar tenggorokan, maka haram menelan dan membatalkan puasa. Jika masih di batas dlm tenggorokan, maka boleh dan tidak membatalkan puasa. Yg dimaksud batas luar menurut pendpt Imam Nawawi (mu’tamad) adalah makhroj huruf kha’ (ح)dan dibwhnya adalah batas dlm. Sdgkan menurut sebhg ulama’ batas luar adalah makhroj huruf kho’(خ)dan di bwhnya adalah batas dlm.
18. MAKAN KRN LUPA: Sering terjadi, seseorg yg sdg puasa pada awal-awal bln Ramadlan, lupa akan puasanya. Akhirnya ia makan dgn sepuas2nya hingga kekenygan. Apakah puasa dlm kasus diatas dihukumi batal men gingat ia makan smpi kekenygan? Jawab: Terjadi perbezaan pendpt. Menurut Imam an-Nawawi hukum puasanya tidak batal. S'mtara menurut Imam ar-Rofi’i batal.
19. MENDUGA WAKTU BERBUKA SUDAH TIBA: Sambil menunggu buka puasa, biasanya masyarakat mencari kesibukan masing2, semisal ngaji, mendgrkan siraman rohani dsb. Tiba2 ketika menjelang maghrib, ternyata listerik padam disertai mendung menyelimuti langit. Sehingga mrk kesulitan mencari tahu waktu azan Magrib. Krn sudah lama menunggu, akhirnya mrk menduga bahawa waktu berbuka puasa telah tiba. Namun di tengah2 berbuka, mrk mendgr azan Maghrib baru dikumandangkan. Sahkah puasa seseorg sbgmn di atas? Jawab: Puasanya tidak sah dan wajib mengqada, kalau mmg saat ia berbuka, waktu maghrib blm tiba.
20. PUASANYA ORG PINGSAN: Entah krn apa, seseorg yg sdg berpuasa pingsan disiang hari, kemudian siuman kembali sesaat seblm maghrib tiba. Apakah puasanya ttp sah dlm hal ini? Jawab: Menurut Imam ar-Romli hukum puasanya ttp sah, jika disiang harinya siuman walaupun sebentar.
21. MEMBATALKAN PUASA SUNAH: Sbgmn kita ketahui, bahawa membatal kan puasa wajib spt puasa Ramadan hukumnya tidak boleh jika Tiada uzur. Bgmn hukum membatalkan puasa sunah? Jawab: Makruh, jika Tiada uzur.
22. MASUKNYA DEBU KE MULUT: Ketika musim kemarau tiba, biasanya debu halus beterbangan kemana2 akibat tiupan angin yg kencang, lebih2 di daerah yg tanahnya tandus. Apakah masuknya debu ke mulut dpt membatalkan puasa? Jawab: Tidak batal, asalkan tidak disengaja. Namun bila disengaja, spt membuka mulutnya, maka terjadi perbezaan pendpt, menurut qaul Ashah ttp tidak batal.
23. AIR MASUK KETELINGA SAAT MANDI: Sepasang pasutri dimlm bln Ramadlan melakukan hubungan intim. Anehnya pada saat waktu sahur, mrk tidak langsung mandi hadas akan ttpi menunggu waktu subuh tiba. Akibatnya, saat mrk mandi, telinganya kemasukan air, s'mtara mrk dlm keadaan puasa. Apakah telinga yg kemasukan air ketika mandi besar dpt membatalkan puasa? Jawab: Tidak mambatalkan puasa.
24. MENYENTUH DUBUR BAGI ORG PUASA: Beristinja harus dilakukan dgn maksimal supaya kotoran dpt benar2 dibersihkan. Di sisi lain, bagi org yg berpuasa masuknya jari ke rongga dubur dpt membatalkan puasa. Sebatas mana masuknya jari ke rongga dubur dpt membatalkan puasa?Jawab: Ketika jari2 masuk ke bhg dlm dubur. Jika hanya menyentuh permukaan anus, maka tidak membatalkan.
25. TIDAK GOSOK GIGI SEHABIS SAHUR: Sehabis sahur langsung tidur lagi tanpa terlebih dahulu menggosok gigi. Akibatnya, sisa2 makanan masih terselit diantara sela2 gigi2nya. Disiang harinya, sisa2 makanan tersebut ada yg ter bawa ketika menelan air ludahnya. Pertanyaan: a. Apakah puasanya batal? b. Wajibkah menggosok gigi pada mlm harinya, supaya mulut dlm keadaan bersih ketika berpuasa? Jawab: a. Batal, jika pada saat menelan ludahnya ia mampu mengeluarkan sisa makanan tersebut. b. Tidak wajib, namun hal itu sgt dianjurkan.
26. MENINGGAL SEBlm MENGQADA PUASA: Seseorg ada tanggungan qada puasa, krn pada saat bln Ramadlan menderita sakit. Stlh sembuh dari sakitnya, dia tidak segera mengqada puasanya dan beralasan bahawa bln Ramadan yg akan dtg masih lama. Namun tak disangka2 ternyata ajal menjemputnya seblm Ia sempat mengqadanya. Apakah ia termasuk meninggal dlm keadaan maksiat? Jawab: Menurut pendpt yg kuat, ia tidak termasuk meninggal dlm keadaan maksiat.
27. LAILATUL-QADAR: Mlm lailatul-qadar merupakan mlm yg penuh berkat. Di dlm Al-Quran sendiri diakui sbg mlm yg lebih baik dari 1000 bln. Namun bagi org yg ingin mendptkanya, bagaikan mencari permata di dasar lautan. Apakah utk mendptkan pahala yg dijanjikan pada mlm lailatul-qadar harus mengetahui bahawa mlm itu adalah mlm lailatul-qadar? Jawab: Ya, harus mengetahui, utk mendptkan pahala yg dijanjikan. Akan ttpi bagi mrk yg tidak mengetahuinya, ttp mendptkan pahala berupa terampuni semua dosa2.
28. KEBIASAAN BERSENDAWA: Seseorg mempunyai kebiasaan sendawa stlh melahap makanan dlm porsi yg lumayan bnyk. Terkadang saat ia bersendawa, makanan yg didlm perutnya keluar kembali spt org yg muntah. Apakah baginya diperbolehkan makan sahur dgn bnyk, mengingat di pagi harinya, dia akan men galami sendawa dan mengeluarkan makanan dari perutnya? Jawab: Diperboleh kan dan tidak membatalkan puasa, sekalipun hal itu terjadi berulang2. Asalkan makanan yg keluar dari perutnya tersebut tidak ditelan lagi dan diharuskan berkumur.
29. MEMASUKKAN DUBUR BAGI PENDERITA AMBEIYEN: Seseorg penderita penyakit ambeyen mudah sekali duburnya keluar, lebih2 disaat membuang air besar. S'mtara anus yg telah keluar, sulit masuk ke dlm lagi, kecuali ada upaya bantuan dgn tgnnya sendiri. Batalkah puasa seseorg yg memasuk kan bhg duburnya yg keluar? Jawab: Tidak batal. Namun menurut Imam Nawawi membatalkan puasa.
30. MENGHIRUP AROMA MASAKAN: Bagi ibu rumahtangga yg sdg memasak, menghirup aroma makanan tidak boleh dihindari lagi. Apakah masuknya wap makanan ke hidung dpt membatalkan puasa?Jawab: Tidak, krn wap bukan termasuk benda (‘ain).
31. AIR TERTELAN AKIBAT BERKUMUR: Berkumur ketika berwudhu hukum nya adalah sunat, baik bagi org puasa maupun tidak. Bgmnkah hukum puasa seseorg ketika berkumur ada air yg terlanjur masuk ke dlm perutnya? Jawab: Tidak batal, jika tidak dilakukan dgn berlebihan. Namun apb dilakukan secara berlebihan, maka dpt membatalkan puasa.
32. BATASAN ADAT TERKAIT PUASA NISFU SYAABAN: Berpuasa pada paruh akhir bln Syaaban hukumnya haram, kecuali bagi mrk yg seblmnya sudah membiasakan puasa. Sebatas manakah seseorg dianggap “membiasa kan puasa” terkait masalah di atas? Jawab: Ketika org tersebut pernah melaku kan puasa seblm separuh akhir bln Syaaban, meskipun hanya seminggu sekali atau sebln sekali, dgn syarat terus dilakukan. Apb seblm separuh akhir bln Syaaban pernah tertinggal, meskipun hanya satu kali, maka ia tidak diperkenankan melakukan puasa pada paruh akhir bln Syaaban.
33. Bln RAMADLAN BAGI PENGANTEN BARU: Bagi mrk yg baru menikah tentunya semangat tempurnya menggebu2. Baik siang ataupun mlm Tiada bezanya. Asalkan masih kuat, gas siap ditancap. Lain halnya ketika memasuki bln Ramadan. Disiang harinya mrk harus bersabar menahan keperluan biologisnya, walaupun mrk masih boleh bercumbu. Apakah berciuman bagi suami isteri diperbolehkan, mengingat nafsu penganten baru sgt menggebu? Jawab: Diperbolehkan, jika hal itu tidak menimbulkan keluarnya sperma atau keinginan utk bersetubuh.
No comments:
Post a Comment