Friday, January 16, 2015

BAYAN KH UZAIRON

Dunia Sebagai Ujian Bagi Manusia. Hadirin yg di muliakan Allah SWT. Sesungguhnya Allah menciptakan dunia ini utk tempat ujian. Allah ingin menguji hamba2Nya, siapakah yg pantas menjadi kekasih2 Allah dan siapakah yg tidak pantas menjadi kekasih2 Allah. Hadirin yg di muliakan Allah swt. Sesungguhnya Allah menciptakan dunia ini sbg tempat ujian. Allah ingin menguji siapakah org2 yg pantas di kirim ke surgaNya dan siapakah yg pantas dikirim ke nerakaNya. Hadirin yg di muliakan Allah SWT. Sesungguhnya Allah menciptakan dunia ini sbg tempat ujian. Org yg berjaya yg berhasil di dunia ini, yaitu org2 yg menghabiskan umurnya utk taat kpd Allah SWT. 

Dan sesungguhnya org2 yg gagal adalah org2 yg menghabiskan umurnya utk bermaksiat kpd Allah swt. Hadirin yg di muliakan Allah swt Manusia2 diciptakan oleh Allah, mengetahui segala nasibnya yg menentu kan adalah Allah, tidak bisa hidup kecuali dihidupkan oleh Allah, tidak bisa mati kecuali dimatikan oleh Allah. 24 jam selalu berhajat kpd Allah, ketika masih kecil berhajat kpd Allah, di dunia selalu berhajat kpd Allah, di akhirat berhajat kpd Allah. Ttpi aneh, mereka yg selalu berhajat kpd Allah, selalu butuh kpd Allah, menyibukkan diri siang dan malam dalam perbuatan2 yg menjadikan Allah SWT murka kpd dirinya. Inilah “mushibatun ‘azhiim” Musibah yg besar bagi manusia.

Semestinya setelah manusia itu mengetahui bahwa dirinya adalah hamba Allah, bertempat di buminya Allah. Yang menentukan segala nasibnya adalah Allah, Seharusnya siang dan malam yang di fikirkan manusia adalah mencari ridha Allah. Sehingga ia di tolong oleh Allah dunia dan akhirat. Itulah pemikiran orang-orang yang sayang pada dirinya, pemikran org2 yang dalam hatinya ada nur dari Allah SWT. Kesuksesannya, kepuasannya, bila ia taat kepada Allah, dan kesusahannya bila ia mengabaikan ketaatannya kepada Allah SWT. Hadirin yang di muliakan Allah SWT. Di hari Jum’at yang mulia ini, waktunya kita memperbaharui niat kita. Sudah berapa tahunkah kita hidup kita di dunia ini. Siang dan malam kita dilihat oleh Allah. Setelah beberapa tahun kita hidup di dunia ini, apakah Allah ridho kepada kita atau Allah murka kepada kita. 

Hadirin yang di muliakan Allah SWT. Sebentar lagi kita akan di panggil oleh Allah SWT. dengan demikian hendaknya kita selalu mengadakan persiapan untuk menghadap-Nya. Kita fikirkan, apakah kita mengahdapa Allah dengan mendapat ridho-Nya atau tidak. Hadirin yang di muliakan Allah SWT. Orang iman itu terikat dengan dua perkara, terikat memikirkan dosa-dosanya telah diampuni Allah atau belum dan amal-amalnya yang telah lalu apakah diterima Allah atau tidak. Terikat memikirkan perkara2 yang akan datang. Sisa-sisa umur yang akan datang, apakah bisa berpegang dengan agama Allah atau tidak karena banyak orang yang asalnya lurus jadi belok, asalnya sholeh jadi toleh, asalnya iman jadi kufur, asalnya hatinya menghadap Allah menjadi berpaling dari perintah2 Allah.

Hadirin yang di muliakan Allah SWT. Marilah kita selalu berdoa kepada Allah SWT sebagaiman do’a yang diajarkan oleh Baginda Nabi SAW : “Ya muqallibal qulub tsabbit qalbi ‘ala diinika” Wahai Allah yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku atas agama-Mu

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ بِاْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

(Sumber : Khutbah Jumat K.H. Uzairon “Dunia Menjadi Ujian Bagi Manusia”)

No comments:

Post a Comment