Friday, January 16, 2015

BAYAN SUBUH SYURA UST LUTHFI AL BANJARI

(Iman Kemahuan vs Iman Kemampuan) (Sabtu, 5 April 2003, Mufti Muhammad Luthfi Al Banjari, Syuro Indonesia, Banjarmasin, Musyawarah Indonesia, Mesjid Jami Kebon Jeruk). Assalamulaikum Wr. Wb. Alim Ulama sentiasa mengatakan bahawa kejayaan dan kebahagiaan manusia ini ada dalam Iman dan Takwa, bukan dlm kebendaan. Ada suatu kesalah fahaman dlm pemikiran manusia yg telah ditentang oleh Allah Taala. Apa kesalah fahaman manusia tersebut yg di tantang oleh Allah Taala? Dlm sebuah riwayat ada mahfum firman Allah: Adapun manusia apabila di uji oleh RabbNya, diberikan kemuliaan, kedudukan (jabatan sebagai seorang menteri, gubernur, presiden, dan sebagainya) kemudian diberikan kenikmatan, diberikan kesihatan, kekayaan (rumah, kendaraan, tempat tinggal, dsb) sehingga dia berkata “Rabbku telah memuliakan aku” (telah memberikan aku kejayaan). 

Sedangkan kalau dia diuji berupa tiada kedudukan, rezeki disempitkan oleh Allah, makan kadang2 sekali sehari, kekurangan lagi, tidak ada kenikmatan berupa duniawi tadi, lantas dia berkata, “Rabbku telah menghinakan aku.” Lalu Allah bantah ini dgn “Kalla : Tidak Benar” Ini hanya merupakan pendapat yg salah kalau manusia mengata kan bahawasanya, Allah telah muliakan dan memberi kejayaan manusia kalau mereka sudah mendapat kan kedudukan dan kenikmatan kebendaan dan Allah telah hinakan dan gagalkan manusia saat kemiskinan telah dtg kpd kehidupan dia. Maka Allah katakan ini “Kalla: Tidak Benar”

Begitu pula ketika manusia mengumpulkan hartanya dan mengira bahawa hartanya tadi akan mengekal kan kehidupan dia yang akan memberikan kenyamanan kepadanya di dunia dan akhirat. Maka Allah katakan dalam Al-Quran (Surat Al Humazah) mahfum: “Knp dia sentiasa mengumpulkan hartanya dan dia menghitung2 terus hartanya tadi, dia mengira bahawasanya hartanya itulah yg akan mengekalkan dia di dlm kehidupan ini.” Maka Allah katakan ini “Kalla : Tidak Benar”. Jadi harta bukanlah cara utk membahagia kan org atau mengekalkan kebahagiaan tadi dlm kehidupan dunia, Allah katakan “Kalla: itu tidak benar”. Maka siapakah orang yang berbahagia tersebut? Allah jelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 1-6. Jadi ini Al-Quran Allah turunkan kepada umat Nabi Muhammad s.a.w adalah untuk membimbing kehidupan mereka yg bertakwa. Lantas siapa org yg bertakwa yg akan mendapatkan kebahagiaan tadi? yaitu org yg:

1. Hatinya sentiasa beriman kepada yang Ghaib.
2. Badannya yang selalu diarahkan untuk melaksanakan segala perintah Allah.
3. Hartanya yang sentiasa digunakan sesuai dengan keinginan Allah.
4. Akalnya yang selalu dibawah panduan ilmu para Anbiya a.s.
5. Pandangannya sentiasa kepada akhirat.

Allah firmankan dalam ayat tersebut mahfum siapa orang yang bertaqwa itu yaitu orang2 hatinya selalu terpaut pada yang ghaib, bukan pada yang nampak. Lalu orang yang sentiasa menggunakan seluruh anggota badan dia untuk melaksanakan perintah Allah yang terbesar iaitu solat. Sedangkan harta yang Allah berikan kepada dia digunakan sesuai dengan keinginan Allah. Sedangkan akal fikirannya atau otaknya sentiasa dia letakkan dibawah panduan ilmunya para Nabi. Jadi ilmu yang benar adalah ilmu yang datang dari Allah melalui Anbiya a.s. Sedangkan ilmu yg dtg dpd manusia ini bukan ilmu namanya, ttpi namanya Funun, Seni atau Teknik. 

Tidak ada istilah ilmu pertanian, ttpi sebenarnya seni atau teknik pertanian. Ilmu kedoktoran, ini sebenarnya tidak ada, yang ada seni atau teknik kedoktoran. Semua yg dtg selain dpd Allah itu bukan ilmu, yang namanya ilmu dalam pemahaman agama islam itu adalah ilmu yg dibawa oleh para Anbiya a.s. Ciri orang bertakwa lagi dlm ayat ini adalah org yg pandangannya selalu pada akhirat. Jadi yg namanya Mustaqbal, atau masa depan org beriman itu bila? bukannya bila saya kahwin? Nanti ada berapa anak? Insuran utk anak berapa? ini bukanlah Mustaqbal, tetapi Mustadba. Sedangkan Al Mustadba dalam bahasa arab ini adalah sesuatu yg akan kita tinggalkan. Kalau Mustaqbal ini adalah masa depan yg akan dtg. Masa depan org beriman itu tiba ketika kematian itu tiba. Jadi masa depan yg perlu kita fikirkan adalah hari pertama saya masuk kubur itu adalah masa depan. Maka Nabi s.a.w berkata mahfum bahawa org yg pintar itu adalah org2 yg terus menerus menghitung dirinya. 

Kalau menurut pandangan otaknya org yahudi dan nasrani, org yg pintar itu adalah org suka menghitung2 duitnya, asetnya, dagangannya, ekonominya sehingga semakin kaya, ttpi kata Nabi org yg pintar bukanlah org yg spt ini, tetapi org yg sentiasa menghitung dirinya, menghitung2 kejelekan dirinya, kurangnya amal nya, dosanya dan muhasabah. Kemudian org yg pintar menurut Nabi adalah org yg mempersiapkan diri nya untuk masa depan iaitu kehidupan sesudah mati. Jadi org yg pintar menurut agama ini adalah, org yg senantiasa muhasabah atas dirinya dan org yg mempersiapkan dirinya (dgn iman dan amal) seblm mati.

Bagaimana persiapannya? Iaitu dgn memaksimalkan potensi yg dia miliki dlm kehidupan yg skrg, dia gunakan utk masa depan, akhirat. Dia sentiasa bekerja, berusaha utk kehidupan masa depan iaitu kehidupan sesudah mati. Inilah org yg pintar menurut Allah dan RasulNya. Jadi tumpuan kerja dia itu adalah utk persiapan sebelum mati atau ketika masuk kubur. Sedangkan org yg bodoh menurut agama itu adalah org yg hidupnya selalu mengikuti nafsunya saja. Lalu anehnya lagi org spt ini, sudah hidupnya hanya mengikuti nafsu, malah berangan2 untuk masuk surga Allah. Dia berkira surga itu hanya dgn nafsu dan angan2 saja bukan dgn amalan. 

Padahal Allah sudah telah jelaskan, utk mendptkan kerjanya Allah harus kerja iaitu dgn harapan dan usaha yg sungguh2. Allah berfirman mahfum: “Innaladzina’amanu walladzina hajaru wa jahadu fissabillillah ula’ika yarju Rahmatallah…” Jadi org2 yg dikatakan “Yarju Rahmatallah” betul2 mengharapkan rahmat Allah itu siapa? Bukan org yg mengkhayal dlm kehidupan, bukan org yg tidur dan malas dlm kehidupan, tidak bukan itu. Jadi siapa? iaitu sesungguhnya mereka adalah org yg beriman. Imannya diapakan? bukannya ditinggal ditempat, diam saja, ttpi dibawa hijrah. Hijrahnya bukan utk keduniaan atau utk meningkatkan kebendaan, ttpi hijrahnya utk memperjuangkan agama Allah. Inilah org2 yg dikatakan sbg “Ulaika Yarju Rahmatallah” iaitu org2 yg betul2 mengharapkan Rahmat Allah. Maka Nabi s.a.w katakan mahfum: “Saya tidak pernah melihat org yg mengejar surga ini tidur dan saya tidak pernah melihat org yg lari dari Neraka ini tidur” .

Dicontohkan seperti:

Contoh I: “Seseorg yg letih kerana pagi dia mengajar, petang dia memandu, malam dia menjadi jaga sehingga ketika selesai tugas sampai dirumah, dia hendak tidur dikamar rumahnya tiba2 ada api menyala sehingga dia menjerit2 api, terbeliak tidak dpt tidur. Dia terkejut sehingga hilang rasa ngantuknya, krn ada rasa panik takut terkena oleh sengatan api. Padahal sebelumnya dia dlm keadaan terlampau letih dan tidak bertenaga. Namun ini hanya dgn api dunia saja, dia jadi ketakutan, panik, sehingga menghilangkan rasa ngantuk. Bagaimana jika dia mengetahui panasnya dan penderitaannya terkena siksa api neraka.”

Contoh II: “Seorang suami yang baru menikah muda datang dalam keadaan sangat letih dari kerja, sampai dirumah isterinya menyambut dalam keadaan sudah bersolek, makanan dan kopi sudah tersedia, lalu diurut. Maka si suami ini melihat keadaan seperti ini langsung bangkit ghairahnya sehingga hilang rasa ngantuk dan letihnya. Ini baru kenikmatan dunia bagaimana kenikmatan di surga Allah.”

Jadi betul itu kata Nabi bahawasanya beliau tidak pernah melihat org yg mengejar surga ini dan org yg lari dari neraka ini mengantuk atau tidur. Allah ceritakan di dlm Al-Quran bahawa ciri org yg mewarisi surga ini tidur juga dia di dunia ini, bukannya tidak tidur, ttpi tidurnya adalah: “Kholilan minal Laili ma Yarja’un”, apa itu? yaitu :

1. Sedikit tidurnya
2. Sebahagian kecil dari malamnya
3. Lalu ditambah dengan kata “Ma” yaitu lebih sedikit lagi tidurnya
4. Yarja’un ini tidurnya kambing

Jadi orang beriman ini tidurnya bukan seperti kerbau, tetapi seperti kambing. Bagaimana itu tidurnya kambing? Kambing ini tidurnya jika terdengar suara sedikit langsung bangun, kalau kerbau ada suara tak ada suara dia tidur terus. Para Nabi a.s ini memelihara kambing, bahkan nabi s.a.w sendiri sangat menyukai kambing, utk diambil pelajaran, meniru, dpd tidurnya kambing. Jadi org beriman ini tidur, ketika dibangunkan atau terdengar suara azan langsung dia bangun bukannya spt kerbau, bangun sedikit lalu tidur lagi. Susah bangun, disiram dengan air, terbangun lalu tidur lagi, ini kerbau namanya. Kerbau seperti ini tidak boleh masuk surga. Boleh tidur, tetapi tidurnya seperti kambing, tidak susah dibangunkan. Jadi tadi org yg bertakwa itu adalah org yg sentiasa menggerakkan anggota badannya untuk melaksanakan perintah2 Allah terutama solat. 

Ini kerana kalau solatnya sudah benar bererti benarlah seluruh perbuatan dan pergerakan anggota badannya. Jadi kalau solatnya sudah benar pasti seluruh gerak gerinya diluar solat juga benar. Kenapa orang susah berhenti merokok? Ini pasti dan pasti tangannya atau gerakkannya dalam solat ini masih belum benar. Kenapa seseorang masih main kad, main domino, pasti gerakkannya dalam solat masih ada yg salah. “Pasti” disini adalah mutlak, bukan yg seperti kalau makan pasti kenyang, ini justeru “pasti” yg tidak mutlak benar. “Pasti” dlm ilmu agama ini mutlak lebih pasti dari “Pasti” nya ilmu manusia seperti 2+2 = 4. Hasil 4 ini sesungguhnya adalah “Insya Allah” atau mudah2an, tidak mutlak kepastiannya. Hasil dari hitung2an ilmu pastinya manusia, dimata ilmu agama tidak pasti, kerana ilmu pastinya manusia yang 4 boleh jadi 6, boleh jadi 8, tergantung kepintaran merumus. 

Tetapi “Pasti” dlm ilmu agama spt pada ayat : “Barangsiapa menolong agama Allah, Pasti Allah akan tolong dia…”, dan “Pasti” disini adalah mutlak, tidak boleh pakai “Insya Allah” atau “Mudah2an” Allah tolong kamu, tidak boleh kerana “Pasti” disini adalah mutlak tingkat kepastiannya. Seseorg yg benar geraknya dlm solat ini “Pasti” tidak akan main domino, tidak akan main catur, tidak akan keliru perbuatan nya, dan tidak akan meleset gerakkannya, selalu geraknya kpd yg benar dan baik. Mengapa seseorang masih melangkahkan kakinya ke arah perbuatan yang buruk, ini kerana dlm solat gerakannya masih salah, apalagi jika tidak solat. Mungkin juga kakinya ketika solat belum lurus, masih miring sana sini, sehingga gerak kakinya diluar solatpun masih kesana kemari, bergerak kearah maksiat kakinya. 

Jadi ciri-ciri orang bertaqwa tadi adalah dia beriman betul2 kepada Allah, kepada yang ghaib, bukan pada yang nampak saja. Ini kerana kalau hanya pada yang nampak saja yakinnya, binatang pun boleh. Org beriman ini yakinnya pada yang tidak dilihat, yang ghaib, inilah yg membezakan antara org beriman dgn org yang kafir, orang beriman dengan binatang. Ayam kita panggil, ada beras simpan di gudang, ayamnya tidak lihat beras tersebut, sehingga kita panggil tidak mau ayam itu datang. Tetapi jika kita nampakkan berasnya, tanpa kita panggil akan dtg ayamnya. Inilah keyakinan ayam, begitu juga dgn binatang lainnya ketika kita sembunyikan fadhilah atau makanannya, maka mereka, bintang tersebut, tidak akan mau dtg. Ini namanya bukan Iman Bil Ghaib, tetapi Iman Bil Musyahadah, atau Iman dgn yg nampak. Yang membedakan seseorg dgn binatang adalah keyakinannya pada yg ghaib.

Contoh: “Ketika waktu zohor dtg, dia memandu teksi, sudah mau ke masjid, tiba2 org dtg minta dihantar kan ke satu tempat dgn tarif RM30 tidak jauh dari masjidnya. Padahal ke tempat itu dari situ cuman RM10, tapi ini dibagi 3 kali lipat. Ttpi pemandu teksi tadi cakap, “Maaf Encik ini waktu solat, tidak boleh nak hantar.” Pemandu tadi berkata lagi, “Kalau saya ambil duit RM30 ini bererti Encik menganggap saya ini binatang.” Jika diambil oleh pemandu bererti pemandu ini imannya Musyahdah, hanya pada yg nampak, sptibinatang. Sedangkan yg di masjid ini jauh lebih mahal dari yg RM30 itu.” Jadi org bertakwa tadi Iman nya Bil Ghoib, dan gerak tubuhnya juga benar. Maulana Yusuf berkata, “Kalau gerak badan seseorg telah dikomando oleh solat, maka kalau solatnya betul, bererti geraknya diluar solatnya akan betl juga” 

Pernah suatu hari Maulana Yusuf sedang duduk2 dan ada org dtg membawakan makanan khidmat, terjatuh didepan beliau. Lalu beliau katakan, “Wahai saudara, perbaiki solat kamu” Knp ketika melayani org sampai terjatuh, ini bererti solatnya belum betul. Kalau solat seseorg ini sudah benar,  Ini Allah telah janjikan: “Innasholata tanha anil fahsyai wal mungkar….” Ertinya: “Sesungguhnya solat itu mencegah seseorg dari perbuatan fahsya dan mungkar.” Jadi solat inilah yg mencegah seseorg dari perbuatan fahsya dan mungkar atau dari berbuat salah. Kalau solat seseorg ini sudah betul, maka pasti tidak akan berbuat kejahatan lagi di luar solat. Maka utk menghilangkan segala kemaksiatan yg ada, penting kita bawa org kpd solat. Bawa org kpd solatnya Nabi s.a.w, maka akan hilang segala kemaksiatan. Selama solatnya tidak diperbaiki maka seseorang tidak akan boleh utk meninggalkan segala kemaksiatan yg ada. Maulana Saad katakan dlm ayat: “Wa aqimi sholah li dzikri….” Ertinya : “Dirikanlah solat utk mengingatku..”

Dalam ayat ini ada kata2 “Iqoma” dan “Li Dzikri”, disini ada Masa’il dan ada Fadhoil. Kata2 “Wa Aqimi Sholah”, dirikanlah solat, ini adalah mashailnya. Penting kita belajar Ilmu Mashail daripada solat, sehingga solat kita tidak sembarangan. “Li Dzikri” disini agar kita dalam solat ini membayangkan atau menghadirkan keagungan Allah. Keagungan Allah ini dpt kita pelajari dari janji2 Allah dlm amal, iaitu Fadhail Amal. Jadi Fadhail Amalnya dpd solat juga harus kita pelajari juga, baru solat kita akan betul. Jadi solatnya tadi betul2 dpt menghadirkan kebesaran dan keagungan Allah. Sebagaimana gerak geri dia dlm solat dia betulkan sehingga pandangan, pendengaran, dan gerakannya tidak ada yang salah. Kemudian harta yang dia gunakan sesuai dengan keinginan Allah. 

Sehingga ciri orang yang bertakwa ini, sebagaimana dlm solat ini dia tidak ingin ada gerakan yg tidak betul, maka dia tidak ingin satu sen pun dari wang dia tidak digunakan untuk keinginan Allah. Wang orang yang beriman tadi kerana merasa amanah daripada Allah, dia gunakan sepenuhnya menurut keinginan Allah. Dia merasa wang yang dia miliki ini bukan milik dia lagi. Allah berfirman mahfumNya: “Allah telah beli daripada orang beriman harta dan diri mereka dengan surga….” Jadi harta yang kita miliki ini titipan (amanah), bukanlah milik kita lagi, menurut firman Allah ini bahawa harta dan diri kita ini telah dibeli Allah. Jadi kerana sayangnya Allah kpd kita, maka harta ini dititipkan lagi kpd kita utk digunakan menurut yang Allah mau, bukan yg kita mau. Inilah pentingnya solat kerana jika seseorg solatnya sudah betul, maka gerak gerinya di luar solat juga akan betul. Ketika dia mau menggunakan wang tadi, maka secara keseluruhan dia gunakan wang tadi menurut keinginan Allah.

Contoh: “Seorang ustad bertanya kpd seseorg, “Apakah Taklim hidup dirumah kamu?” maka org tadi menjawab, “Tidak hidup ustad” si Ustad bertanya lagi, “Kenapa tidak hidup?” Dia jawab, “Tidak ada wang untuk beli buku taklim” Si ustad bertanya lagi, “Berapa harga buku taklim?” si org tadi menjawab, “RM30“ si Ustad bertanya lagi, “kalau di foto copy berapa?” si orang tadi menjawab, “20 sen sehelai” Lalu si ustad tadi berkata, “Tadikan kamu beli rokok dua batang harganya berapa?” si org tadi menjawab, “RM2” Org ini mampu menggunakan hartanya untuk membeli rokok yang lebih mahal dan yang akan mendatangkan mudharat untuk dia tetapi tidak dia gunakan untuk memfotocopy 10 lembar fadhail amal utk kepentingan taklim atau agama, inilah yang namanya pengkhianatan. 

Kata Ulama ini “Rezeki Allah titipkan pada dia RM2 mampu membeli rokok 2 batang, tidak mampu nak fotocopy 10 lembar fadhilat solat, inilah yang namanya pengkhianatan terhadap rezeki yang Allah berikan” Ciri orang bertakwa tadi Allah berfirman mahfumNya: “Wa mimma rozaknahum yunfikun.” Rizki yang Allah beri, dia gunakan sesuai dgn keinginan Allah. Kemudian ciri org bertaqwa yg lain dia gunakan akal dia ini atau otak dia ini, dia sandarkan kpd ilmu atau otak kenabian, ilmunya para Anbiya a.s. Banyak org hari ini beranggapan bahawa otak umat islam sudah di “Brain wash”, Otaknya sudah dicuci, dirosak oleh cara atau sistem pendidikan org kafir. Contoh: Jika kita bertanya kpd pelajar sekolah menengah atausekolah tinggi, “Bagaimana hujan boleh turun?”, lantas si pelajar tadi akan menjawab, “Hujan ini turun disebabkan krn adanya proses kondensasi, iaitu matahari bersinar ke laut, lantas air laut akan menguap berkumpul menjadi awan, lantas awan ini akan bergerak menuju suatu tempat dibawa oleh angin. 

Ketika dinginnnya sudah mencapai darjah tertentu, maka awan tadi akan turun menjadi hujan.” Ini adalah teknik atau seni yang dilogikkan menurut akal manusia. Sedangkan menurut agama, bahwa Allahlah yang mendtgkan hujan dari langit. Sahabat Nabi tidak mengenal peristiwa kondensasi, yang mereka tahu yang menurunkan hujan itu siapa? Allah. Para sahabat tidak peduli dgn peristiwa kondensasi, ada laut atau tidak ada laut, bagi mereka tidak ada masalah. Anas bin Malik r.a kebunnya terletak di padang pasir yg luas, kebunnya kekurangan air, tidak ada hujan, Cukup dengan solat 2 rakaat minta hujan, maka hujan turun hanya di kebunnya saja”

Ibnu Hadrami r.a membawa rombongan ke Bahrain, termasuk Abu Hurairah r.a didalamnya. Abu Hurairah r.a berkata bahawa dia melihat keutamaan dpd amirnya. Ketika dlm perjalanan kehabisan bekal, air habis. Al Hadrami r.a, solat 2 rakaat minta kpd Allah menurunkan hujan, maka hujan pun turun. Sahabat tahu yang menurunkan hujan itu siapa? Allah. Inilah ilmu yang perlu kita pelajari, ilmunya siapa? Ilmunya para Anbiya a.s. Orang miskin ini agar dapat meletakkan kemiskinannya, bawa mereka kepada pengorbanan. Dalam ilmu manusia untuk dapat menghilangkan kemiskinan harus dgn peningkatan dalam kebendaan dan harta. Sedangkan dalam ilmu kenabian, untuk dapat menghilangkan kemiskinan harus dengan bersedekah, berkorban, walaupun dalam keadaan miskin. Inilah bezanya ilmu Nabi dan ilmu manusia dalam menghilangkan kemiskinan. Dalam suatu riwayat Bukhari, Nabi s.a.w mengatakan mahfum kepada para sahabat terutama yang miskin: “Jauhilah Api Neraka walaupun hanya dengan separuh kurma”

Nota Penulis: 

Maksudnya apa? ini adalah isyarat dari Nabi bahwa orang miskin saja beliau minta untuk bersedekah, berkorban walaupun hanya dgn separuh kurma, apalagi org kaya. Mengapa nabi meminta orang miskin bersedekah walaupun hanya separuh kurma? Ini agar hilang dari mereka sifat miskin. Apa itu sifat miskin? selalu ingin meminta kepada mahluk, dan merasa kurang. Dengan memberi dalam keadaan miskin ini akan mendatangkan sifat Qona’ah, sifat kaya, yaitu merasa cukup dengan apa yang dia punya. Hanya org mempunyai Qonaah dalam dirinya, sehingga walaupun dia miskin, tetapi mampu memberi kepada org lain. Ini ada org kaya punya kurmanya segudang, tetapi hanya mau memberi separuh kurma, ini namanya org kaya kedekut dan miskin hatinya. 

Org kaya spt ini tidak akan pernah menemukan rasa cukup dalam hatinya dan pasti akan menderita hidupnya dengan harta yang dia tumpuk. Dengan semakin banyak memberi maka akan semakin hilang sifat miskin dalam dirinya. Di zaman Nabi karena kekuatan iman sudah sempurna, sehingga sahabat ini hanya dengan satu kurma saja mampu menutupi seluruh kebutuhan makan untuk kerja dalam satu hari. Hari ini berapa kurma kita perlukan untuk dapat kerja dalam satu hari? inilah perbedaan iman kita dan para sahabat r.a. Jika iman sempurna, tidak perlu kita punya banyak kurma atau banyak harta untuk dapat menyelesaikan masalah kita. Dgn iman yang sempurna Allah akan dtg keberkatan rezeki dalam hidup kita. Keberkatan seperti apa? Cukup dgn satu kurma dapat menyelesaikan seluruh keperluan makan utk satu hari.

Nota Penulis: 

Apakah mungkin kita boleh makan cukup satu hari hanya dgn satu kurma? Allah mampu menghidupkan orang 309 tahun tanpa makan dan minum seperti kisah Ashabul Kahfi. Apalagi mencukupi keperluan makanan orang untuk satu hari penuh hanya dengan satu kurma, mudah saja bagi Allah. Jadi dengan keimanan, Allah mampu memberikan seseorang ini keberkatan.

Apa itu yg namanya keberkatan? 
1). Jika diperlukan ada. 
2). Mencukupi dan tidak berlebihan. 
3). Kecil atau sedikit tetapi dapat menyelesaikan masalah yang besar. 

Di dalam ilmu org kafir ini kalau harta dibelanjakan maka ini akan berkurang, tetapi di dlm ilmu kenabian harta yg dibelanjakan dijalan Allah atau yang disedekahkan, tidak akan berkurang bahkan bertambah. Dalam suatu riwayat dikatakan mahfum: “Tidak akan berkurang harta yang telah disedekahkan…” Inilah yg namanya ilmu kenabian, hanya dgn sedekah maka sifat miskin hilang, bahkan harta yg disedekahkan tidak akan berkurang tetapi bertambah. 

Dalam suatu riwayat dikatakan bahwa: “Allah akan hancurkan riba dengan zakat”. Nota Penulis: Jadi semua sistem riba yg di rancang oleh org kafir akan Allah hancurkan dengan zakat. Maksudnya sistem riba ini nanti akan hancur dgn keimanan iaitu dengan zakat. Jadi zakat ini adalah alat yg Allah gunakan utk menghacurkan sistem riba yang di reka sedemikian rupa oleh org kafir utk menjauhkan umat islam dari Allah. Mau menghancurkan org kafir, mudah saja, iaitu dengan membayar zakat. Disini seseorang ini akan menjadi kaya bukan dgn menyimpan wang tetapi dengan dizakatkan, di infakkan dan disedekahkan. Kaya disini bukan kaya kebendaan, ttpi kaya hati.

Dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 2, Allah berfirman: “Dzalikal kitabula roibafihi hudallil muttaqien….” Artinya : “Kitab Qur’an ini tidak ada keraguan padanya dan petunjuk bagi mereka yang bertaqwa”. Al Qur’an ini adalah kitab petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Jika kita bertakwa, mempunyai ciri-ciri orang yang bertakwa, maka Allah akan bukakan kepada kita rahasia Al Qur’an. Di dalam Al Qur’an ini ayat-ayat seperti surat Al Baqarah ayat 1, Alif Lam Mim, ayat muttawattir, artinya ulama sepakat bahwa hanya Allah yg tahu. Maksudnya apa? kalau kita ingin dibukakan oleh Allah rahasia-rahasia Al Qur’an ini, maka kita harus berani mengatakan: “Ya Allah saya ini bodoh tidak tahu apa-apa, sedangkan Engkau sumber Ilmu dan Maha Mengetahui segala-galanya, maka ajarkanlah kami dan beritahukanlah kepada kami apa-apa yang kami tidak ketahui.” 

Kalau mau diberitahu oleh Allah kita harus jantan mau mengakui bahwa kita ini bodoh dan tidak tahu apa-apa di hadapan Allah. Jika kita mau mengakui kebodohan kita dihadapan Allah, merasa tidak tahu dan ingin tahu lalu buat usaha untuk mencari tahu barulah Allah akan bukakan rahsia2 Al Qur’an kepada kita. Jangan kita menjadi orang yang sombong, jika kita sudah merasa tahu dan cukup dengan apa yang kita punya, maka dalam suatu riwayat dikatakan Allah akan tutup pintu-pintu keilmuan untuknya. Maksudnya selama seseorang sudah merasa tahu dan cukup dengan ilmunya, maka Allah akan tutup pintu2 ilmu sehingga ilmunya tidak dapat meningkat atau bertambah. 

Sebagaimana kita mengakui kepada Allah tentang kebodohan kita, dan ketidak tahuan kita, maka pengakuan ini juga berlaku atas harta, jabatan, anak, isteri, kedai dan keduniaan yang kita miliki. Kita harus merasa tidak tahu erti dan makna dari semua keduniaan yang kita miliki dari manfaat dan mudharatnya. Kita harus berkata: “Ya Allah saya tidak tahu manfaat dan mudharat dari keadaan dan kebendaan yang saya miliki, sebagaimana saya tidak tahu apa itu manfaat dan mudharat dari isteri saya, anak saya, harta saya, rumah saya, kedai saya, perdagangan saya, dan lain-lain. Hanya engkaulah yang mengetahui manfaat dan mudharat dari semua ini, maka beri tahukanlah kepada kami manfaat dan mudharat dari semua ini.”

Maka nanti Allah akan ajarkan kpd kita kemampuan utk mengetahui antara yg haq dan yg batil, antara yg halal dan yg haram. Namun utk dapat dibukakan rahsia2 ini, maka kita harus maksimalkan kemampuan kita utk mencapai darjat ketakwaan. Ini karena Al Qur’an ini diperuntukkan hanya bagi org2 yg bertakwa. Maka utu sampai ke darjat taqwa ini penting kita perbaiki dpd mutu solat kita. Sahabat ini solatnya mampu menghadirkan ketaqwaan kpd Allah dalam solat. Sehingga tumpuan solat mereka mampu menghilangkan segala gangguan yg dapat mengganggu solat mereka dan hanya melihat Allah saja dalam solatnya. 

Contoh Solat I: Solat Ali bin Abi Thalib ra, ketika beliau terpanah pahanya, beliau meminta sahabat men cabut panahnya ketika sedang solat. Ketika dicabut dlm solat, selesai mengucapkan salam, Ali tidak men yedari atau mengetahui bahwa panah tersebut telah tercabut dari panahnya. Ini dikarenakan kekuatan solat Ali ini, kekhusyuannya dihadapan Allah dpt menghilangkan segala sesuatu selain Allah saja yg nampak dlm solatnya. Inilah derajat ketakwaan solatnya Ali ra.

Contoh Solat II: Ada juga solatnya Umar r.a yg dlm suatu riwayat dikatakan bahwa Umar ketika solat mampu menggunakan kebersamaannya dgn Allah dlm solat utk mengatur strategi perang. Disini Umar menggunakan momentum sholat utk mengatur strategi perang bersama Allah. Ini karena derajat ketaqwaan Umar yg mampu merasakan kehadiran Allah di dlm solatnya, sehingga dia gunakan momentum ini utk mengatur strategi perang bersama Allah. Asbab ketaqwaan Umar ini, jangankan didalam sholat, diluar solat pun, syetan jika melihat bekas jejak langkah kaki Umar RA sudah lari terbirit2. Mana yang lebih baik antara solat Ali RA dan Umar RA? jawabnya dua2nya baik. 

Yg tidak baik adalah ketika dlm solat yg kita ingat adalah selain Allah yaitu keduniaan. Sehingga sahabat ini merasa kalau mereka ingat selain Allah dlm solatnya maka dia merasa solatnya ini tidak ada nilainya, rusak semuanya. Sehingga ada seorg sahabat asbab dia terkesan dgn kebunnya ketika sholat, akhirnya kebunnya itu dia infakkan seluruhnya kpd Nabi saw utk digunakan di jln Allah. Inilah ketaqwaan sahabat di dlm solat mrk. Jadi bagaimana ciri2 org bertaqwa itu bahawa dia sentiasa menggunakan harta nya ini sesuai dgn perintah dan keinginan Allah Taala. Kalau yg namanya org bertaqwa ini, jgnkan utk berbuat maksiat, utk keperluan dia saja sudah takut utk menggunakannya. Dlm suatu mahfum hadits dikatakan: “Bertaqwalah kamu kpd Allah sesuai dgn kemampuan kamu.” 

Tetapi awas disini, dan perlu kita hati2 dlm menafsirkan hadits disini. Maksud dari bertaqwa kpd Allah sesuai dengan kemampuan itu tidak sama dgn sesuai dgn kemauan. Hari ini banyak org mengamalkan agama semaunya, menurut kemauan nya, bukan kemampuannya. Jadi org bertaqwa ini harus dgn kemampuan, bukan dgn kemauan dia saja. Beda antara org yg beribadah dgn kemampuan dan kemauan. Kalau org beribadah dengan kemampuan dia yg dimaksimalkan, inilah yg namanya Taqwa. Jika dia bertaqwa dgn kemampuan dia barulah Nusroh Allah akan turun. Ttpi jika kita beribadah menurut kemahuan kita, maka pertolongan Allah tidak akan turun. Selama dia mengerjakan ibadah dan ketaqwaan ini dgn memaksimalkan kemampuannya baru akan dtg petunjuk dan pertolongan dari Allah.

Contoh 1: 

Jika kita diberi pertanyaan apakah solat dirumah sah apa tidak ? menurut fiqih agama itu sah-sah saja. Solat di rumah nilainya cuman 1 darjat sedangkan di mesjid 25 darjat. Jika 10 hari maka darjat org yg solat di mesjid adalah 25 darjat x 5 waktu x 10 hari = 1250 darjat, sedangkan yg solatnya dirumah adalah 1 darjat x 5 waktu x 10 hari = 50 darjat. Orang yang lebih memilih sholat di rumah dibanding sholat ke mesjid ini adalah orang yang bodoh dan sombong, bukanlah orang yang bertaqwa. Inilah makanya dalam suatu mahfum hadits dikatakan ingin rasanya Nabi SAW ini membakar rumah2 orang yang sholat dirumahnya. 

Sudah dikasih derajat yang lebih tinggi dengan sholat ke mesjid malah milih sholat dirumah dan dalam mahfum hadits yang lain dikatakan, andaikata orang munafik itu tahu keutamaan sholat di mesjid pada waktu subuh dan isya, maka mereka akan bela-belain walaupun dalam keadaan merangkak2 untuk dapat ke mesjid. Ini karenakan orang munafik di jaman Nabi saja sudah sholat 3 waktu ke mesjid yaitu dzuhur, ashar, dan maghrib. Kini karena ketaqwaan sudah hilang dari umat, jangankan 3 waktu, hampir 5 waktu kini banyak mesjid kosong dari jemaah. Jadi kita sudah mengalami degradasi ketaqwaan, lebih parah dari kemampuan utk solat berjamaah org2 munafik di jaman Nabi.

Contoh II: 

Hari ini ketika azan mengumandang, lalu kita ajak org utk solat ke mesjid jawabnya apa, “Saya solat dirumah saja, kan hadits nya beribadahlah kamu menurut kemampuan kamu. Jadi saya mampunya masih solat dirumah” Inilah alasan mereka ketika diajak utk solat ke mesjid. Padahal kakinya ada, tidak lumpuh, matanya ada bisa melihat, kupingnya ada bisa mendengar. Bahkan dijaman Nabipun org buta kalau dia bisa mendengar suara azan ttp diminta Nabi utk pergi ke mesjid, walaupun dia buta, apalagi org yg sehat dan tidak ada cacat. Jadi ketika dia mampu utk pergi ke mesjid ttpi dia milih utk solat dirumah, berarti org ini solat berdasarkan kemauan bukan kemampuan. 

Dia mau solat dirumah, semaunya dia, sedangkan maunya Allah ini agar dia solat di mesjid. Bukanlah dia seorg laki2 kalau solat dirumah, krn hanya seorg p’puan yg solat dirumah, laki2 solat dirumah ini banci namanya. Dlm Al Qur’an ini yg solat berjamaah ke mesjid ini adalah laki2. Kalau p’puan mau solat ke mesjid prasyaratnya banyak, makanya perempuan ini dianjurkan solatnya dirumah, laki2nya yg ke mesjid. Jadi org spt ini menafsirkan hadits bukan dgn tafsir Jallalain, ttpi namanya Tafsir Jalan Lain, ngaco tafsirnya. Tafsir Jallalain itu yg bener, iaitu solat di mesjid berjamaah, bukan tafsir jln lain iaitu solat menurut kemauan bukan kemampuan.

Contoh III: 

Seseorg mampu utk sholat tahajjud sebanyak 8 rakaat dan ditutup witir 3 rakaat, dia mampu. Ttpi dia malah memilih tahajjud 2 rakaat lantas tidur. Ketika ditanya knp tahajjud hanya 5 menit saja, atau 2 rakaat saja, dia jawab “Layukalifullahu Nafsan Illawusaha” artinyakan Allah tidak akan membebani seseorg melainkan sesuai dgn kesanggupannya. Bukan ini tafsirnya, salah tafsirnya, dia menggunakan tafsir jln lain, bukan jallalain. Allah tahu kemampuan kita ini berapa, misalnya Allah mampu kemampuan solat kita ini sekian rakaat, ttpi krn maunya dia 2 rakaat, ya sudah tutup buku. 

Bahkan kemampuan tadi kalau tidak diasah, ditingkatkan, harus dilatih terus, maka lama kelamaan akan hilang kemampuannya krn lemas atau tidak berdaya oleh kemauannya. Spt seseorg mengangkat beras kemampuannya bisa mengangkat sapi 100kg beras, ttpi krn tidak dilatih, mengangkat yg 20kg saja sudah teler dia. Padahal kalau dilatih dari mengangkat 10kg, lalu meningkat 20kg, ternyata krn dilatih mampu mengangkat 100kg sebenarnya dia.

Jadi inilah tujuan dakwah ini diantaranya adalah utk menggali potensi yg ada dlm diri kita, menggali kekuatan kita. Mampu kita sebenarnya pergi keluar di jln Allah, ttpi potensi ini terpendam, krn tidak digunakan. Jadi kita melatih diri kita utk mencapai dpd batas akhir kemampuan, bukan dpd kemauan. Kemampuan ini yg bagaimana? Allah firmankan dlm Al Qur’an: “Walladzinajahadu fina lanahdiyannahum subulana…” Ertinya : “Barangsiapa bersungguh2 (bersusah payah, berjuang utk agamaku), maka pasti akan kami bukakan pintu2 menuju kami…” Jadi dalam ayat ini jika ulama yg ahli nahwu, maka ada 12 derajat pasti, minimal 3 kali pasti. 

Maksudnya dlm ayat ini adalah barangsiapa bermujahaddah, bersusah payah, bersungguh2, bekerja melaksanakan perintah Allah tadi dgn sesuai dgn batas akhir kemampuan dia tadi, maka “Pasti”, minimal 3 pasti, akan kami bukakan jalan2 Hidayah utk menuju Allah. Siapa yg akan Allah berikan Hidayah tadi? yaitu siapa saja yg betul2 bermujahaddah dibatas akhir kemampuan dia utk mentaati Allah. Maka Syekh Abdul Wahab, Amir Pakistan, berkata bahwa: “Siapa saja yg bekerja, bermujahaddah, dlm ketaatan kpd Allah, sampai batas terakhir kemampuan dia, maka nanti apa yg dia tidak mampu akan Allah sempurnakan.” Jadi bila seseorg sudah bekerja atau berbuat sampai batas akhir kemampuan dia, maka nanti yg dia tidak mampu akan Allah sempurnakan kerjanya. Bahkan semakin hari kemampuannya akan semakin ditingkatkan oleh Allah.

Contoh I: 

Seorang Petani dlm menanam di pertaniannya, apa kemampuannya, atau apa yg bisa dia lakukan semampunya? yaitu menggali tanah, menanamkan biji, kasih pupuk, dan kasih air, kasih pagar, ini saja kemampuan petani. Petani mampu tidak utk menumbuhkan pohon, atau tumbuhan, atau padi? Yg memberi warna pada Apel ini supaya menjadi merah itu siapa? yang memberi rasa itu siapa? apakah petani mampu memberi warna dan memberi rasa? Tidak, ini semua kerja Allah. Tetapi Allah ini ingin lihat batas akhir kemampuan petani itu dimana. 

Ketika petani sudah bekerja sampai batas kemampuan yg terakhir : dia gali tanah, dia tanam biji, diberinya pupuk, dan disirami setiap hari seperlunya, kasih pagar, dan tiap hari dia kontrol, inilah batas kemampuan terakhir petani. Ketika petani telah memberikan pengorbanan sampai batas terakhir daripada kemampuannya, maka apa yg petani yg gak mampu, Allah sempurnakan. Spt: mendtgkan panas yg cukup, hujan yg cukup, menumbuhkan padi atau pohon, mengeluarkan buah, memberi rasa manis, ini semua kerja Allah menyempurnakan apa yang tidak bisa dilakukan petani tadi. Ini semua dgn syarat petani tadi bekerja sampai batas akhir kemampuan.

Contoh II: 

Ada petani konyol dan bodoh, berkata : “Sudah Tawakkal saja, lempar aja bijinya, kata nyakan : “wamai yatakilloha yaj’alahu makhroja. Wayarzukhu min haisu la yahtasib” artinya: “Barangsiapa yg bertaqwa kpd Allah niscaya Allah akan mengadakan baginya jln keluar. Dan memberinya rizki dari arah yg tidak disangka2. Dan barangsiapa bertawakkal kpd Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluan nya.” Jadi petani konyol ini menafsirkan ayat ini, utk santai saja, semuanya itukan sudah ditangan Allah, sedangkan dia tidak memaksimalkan kemampuannya. 

Tahu-tahu akhirnya yang tumbuh malah ilalang, semak belukar, tidak sesuai dengan yang diharapkan. Apakah petani yang macam ini mau menyalahkan Allah? padahal dia belum lakukan kerja apa-apa. Katanya, “Rezekikan ditangan Allah, jadi terserah Allah. Dikasih syukur gak di kasih yah buat apa diusahakan ?” Ini bodoh namanya. Dia tidak mengerjakan apa-apa, tetapi berharap pada Allah. Ini seperti orang yang mau punya anak tetapi tidak mau kawin.

Nota penulis: 

Ini Petani goblok namanya, dia tidak mengerti maksud dari ayat ini. Dia pikir Allah ini pembantu bisa seenak2nya disuruh2, sementara dia santai2 saja. Dia mengharapkan Allah utk mananam bibit, lalu menumbuhkannya, dan memberikan hasil yg maksimal, tanpa dia buat usaha. Inilah yg namanya kebodohan. Maksimalkan kemampuannya dulu baru Allah beri hasil yg layak dan sesuai dgn pengorbanan dan kemampuannya. Lakukan dulu apa yg kita mampu sampai batas akhir kemampuan kita, nanti Allah akan melengkapi apa yang kita tidak mampu. Banyak yang bilang, “Bukankah rizki dan hidayah ditangan Allah. Terserah Allah mau memberikan hidayah atau rizki atau tidak. Kalau Allah inginkan saya keluar, maka saya keluar. Jika Allah tidak inginkan, ya gak tahu?” Ini kebodohan namanya. Jangan kita menafsirkan Al Qur’an ini dgn Jalan Lain, tetapi harus dgn tafsir Jallalain.

Kargozari Mubayyin: 

Ketika di Airport, saya bertemu dgn seseorg dan berkata kpd saya, “Ustadz, saya ini dulu pernah ikut jemaah ustad ini. Skrg sudah tidak bisa lagi. Bahkan solatpun kini sudah dikerjakan, karena boss saya ini Cina (non-muslim), jadi tidak ada toleransi dlm jam kerja dan waktu solat.” Jadi saya katakan kpdnya, “Baik, kalau begitu keadaannya, skrg sampai jam berapa anda kerja?” dia jawab, “Saya ini kerja dari jam 8 pagi, sampai jam 5 sore, sehingga solat zuhur dan ashar susah saya kerjakan.” Lalu saya katakan, “Kalau begitu solat subuh, maghrib, isyak, andakan lepas hubungan dari dia (bossnya). Jadi yg mempunyai anda skrg ada di subuh, maghrib, dan isya. 

Ini kemampuan yang pertama dulu. Jika zuhur dan asar, anda ditekan oleh boss, jadi untuk tahap awal kerjakan sholat yang tanpa ada tekanan dari boss anda dulu yaitu : sholat subuh, maghrib, dan isya. Ini yang kamu mampu dulu untuk tahap pertama. Kerjakan sholat yang mampu ini dengan baik. Lalu yang tidak mampu bagaimana caranya? untuk saat ini masih dalam tekanan yaitu sholat dzuhur dan ashar. Maka jika anda kerjakan yg mampu tadi dgn baik, nanti yg tidak mampu kamu terus berusaha sesuai dgn batas kemampuan kamu, dan berdoa kpd Allah. Nanti Allah mampukan apa yg kamu tidak mampu.” Tetapi jika yang mampu saja tidak dikerjakan : subuh, maghrib, isyanya juga tidak dikerjakan, maka sampai matipun tidak akan Allah mudahkan. Jadi dlm kemampuan ini apa yg mampu dikerjakan, kita kerjakan dulu. Tetapi kita terus berusaha utk mengembangkan dan meningkatkan. Maka dlm Ushul Dakwah ini:

1. Tugas Pertama : “Qobul Al Maujud” artinya : ”Terima dulu yang ada”.
2. Tugas Kedua : “Matarkiyatil Marbu” artinya : ”Meningkatkan Kemampuan”

Jadi yg namanya Da’i ini tidak boleh puas hanya dgn satu keadaan, tetapi dia juga tidak boleh tidak terima atau ingkar dgn keadaan yg ada. Terima apa yg ada dulu, lalu tingkatkan sampai kpd yg kita inginkan. Firman Allah : “Fattaqulloh Mastatho’tum”, jadi berimanlah kamu sesuai dgn kemampuan bukan dgn kemauan. “Layukallifullahu nafsan illa wus’aha”, Jadi Allah tidak akan memberikan beban kecuali sesuai dgn kemampuan atau kesanggupannya. Dan Allah ini Maha Tahu kemampuan seseorg ini, jgn dia bohong. Seseorg mampu sholat tahajjud 8 rakaat, tetapi dia hanya melakukan 2 rakaat dgn alasan semampunya, ini berarti dia telah berbohong dgn diri dia sendiri dan membohongi Allah. 

Sebagaimana solatnya org dirumah, padahal dia mampu, dgn alasan Allah tidak akan membebani dia diluar kemampuannya, ini berarti dia bohong sama diri sendiri dan bohong sama Allah. Kalau seseorg ini sudah sampai pada batas kemampuan yang terakhir, maka apa yang dia tidak mampu nanti akan Allah sempurnakan. Hari ini orang ingin berangkat ke India, Pakistan, dan Bangladesh, 4 bulan, biayanya 8 juta. Namun yang ada sekarang 5 juta saja. Jadi kemampuan dia yang terakhir berapa ? 5 juta saja. Dia tidak memaksakan, tetapi dia berusaha beramal sesuai dgn kemampuan. Kalau dia paksakan diri berangkat, berarti dia ingin menguji Allah. Sedangkan Allah tidak suka diuji. Kemarin ada seseorg dlm jemaah, agak sedikit marah pada saya (mubayyin). Ttpi saya Ikhlas saja dimarahin, karena saya suka marah juga sama org. 

Ttpi marahnya ini galak bukan emosi, ttpi galak saja. Jadi setelah ditafakkud kesiapan dia utk berangkat, ternyata kita sudah mengkaji biayanya tidak cukup. Lantas dia marah dan berkata, “Ustadz buat apa sih targhib2 orang masalah Yakin, ternyata masih menanyakan kepada kami masalah duit cukup atau tidak. Jgn bicara2 Yakin kalau masih nanya2 lagi masalah duit cukup atau tidak.” Mendengar ini saya sebagai ustadz yang suka mentarghib masalah Yakin ini terpukul juga mendengar jawaban dia. Kita ini harus sabar dalam dakwah ini, tidak boleh emosi dan gunakan nafsu saja, apalagi ketika menemukan keadaan yang seperti ini. Lalu saya katakan kpdnya, “Kami juga pernah bertanya mengenai perkara yg demikian, bukan saya yang bertanya, tetapi Mufti Zainal Abidin bercerita.”

Ceritanya apa: 

Jadi ketika Mufti ini memberikan bayan ttg Iman dan Yakin ini sudah spt keyakinannya sampai kelangit. Lalu ada orang bertanya kpd Mufti Zainal Abidin di airport, “Mufti kenapa sih bayannya kuat sekali mengenai perkara Yakin ini, tetapi ketika keluar orang ditanya lagi masalah kesiapan duitnya, ditafakkud lagi dan lagi kayak gak ada keyakinan aja ?” Inikan seakan2 bertentangan antara yang Mufti bayankan dengan prakteknya. Apalagi katanya ketika tim taskil berkata, “Jangan lihat kantong, jangan lihat kantong, lihat saja kekuasaan Allah yang tanpa batas.” Tetapi setelah ditafakkud, ditanya juga berapa yg ada di kantong. Maka Mufti Zainal Abidin berfikir sejenak, lalu pandangannya tertuju pada landasan airport yang ada pesawatnya. Dia lihat disana ada pesawat yg besar seperti Boeing 747 itu terbangnya harus hebat, cepat, mantap, dan stabil. Namun sebelum terbang, pesawat ini ada di parkirannya. Pesawat ini ditarik dgn mobil, dibimbing, diposisikan dulu biar pas letakknya. 

Ditarik mundur dulu dari parkirannya, dibelokkan, baru ditarik maju menuju runaway, tempat lepas landas. Melihat hal ini, Mufti Zainal Abidin katakan, “Coba lihat itu pesawat, dia bisa terbang kelangit, ttpi sebelum terbang, pesawat ini ditafakkud dulu kesiapannya sebelum pesawat ini diletakkan di runaway itu untuk lepas landas. Apa yang ditaffakkud dari : mesinnya, pilotnya, alat-alatnyta, mobil tariknya, dan lain-lain. Sampai pada mobil yang membimbing pesawat ini dipersiapkan hingga ada pada posisi yang di inginkan untuk siap terbang.” 

Lalu Mufti katakan, “Kamu itu mau spt itu, di targhib siap terbang, tetapi terbangnya ngaco, malah membahayakan orang lain, ibarat pesawat tidak ikut tafakkud tahu-tahu meleset, mesin rusak atau posisi terbang salah sehingga malah tabrakan. Ini krn tidak ditafakkud dulu sebelum terbang. Jadi untuk mempersiapkan pesawat agar bisa terbang ini, perlu di tafakkud dulu hingga sampai pada kesiapan yang cukup layak untuk terbang. Baru nanti terbangnya mantap, stabil, tidak membahayakan, cepat, dan lancar.” Begitu pula kita, sebelum kita berangkat untuk mendapatkan keyakinan yg sempurna ini, ditafakkud dulu, duitnya berapa, biar tidak ngaco nanti terbangnya. Ini bukannya bertentangan dengan keyakinan, tetapi untuk meletakkan diri kamu di runaway tadi seperti pesawat. Jadi tafakkud ini untuk mempersiapkan keyakinan kita agar diletakkan dengan benar pada tempatnya, seperti membenarkan letakknya pesawat ini di runaway agar siap terbang. 

Nanti kalau Iman ini sudah sampai di runaway, sudah sampai pada level layak untuk terbang, gak perlu lagi di taffakkud. Masyeikh ini setiap 2 tahun pergi haji, mana ada orang yang datang kepada Syeikh Abdul Wahab, berapa tafakkudnya ? apa kesiapannya ? berapa uang dibawa untuk pergi haji ? cukup atau tidak ? tidak ada ceritanya syekh Abdul Wahab di taffakkud seperti itu. Ini karena para Masyeikh sudah meletakkan diri mereka pada jalan yang sudah tinggal siap terbang saja. Keyakinan mereka sudah sampai kalau terbang ini tidak akan menyusahkan orang lagi, seperti terbangnya pesawat yang tinggal lepas landas dari runaway tadi, tidak akan melanggar.

Ada kisah tentang Nabi Isa AS ketemu Iblis LA, cerita ini agar kita ini tidak meniru iblis tadi. Bahaya kalau kita ikuti jejak Iblis, masuk neraka nanti akhirnya. Dakwahnya Iblis ini kuat, sebagaimana Dakwahnya Nabi. Kehebatan Iblis ini adalah Keikhlasannya. Jadi Nabi Ikhlas dan Iblispun juga Ikhlas, sama-sama Ikhlas. Cuman yang satu mengajak ke Surga, dan yang satu mengajak ke Neraka. Iblis gak pernak mengajak orang supaya dia, iblis ini, menjadi gubernur atau bupati, ketua partai, atau presiden, tidak ada. Ttpi murni mengajak org agar masuk kedlm neraka bersama dia, itu saja, tanpa ada embel2 lain. Dia, Iblis ini, tidak mau apa-apa dari dunia ini selain org ikut sama dia ke neraka saja, sudah cukup itu saja bagi dia. Inilah dakwahnya Iblis, ikhlas tidak minta apa2, hanya ingin manusia masuk neraka saja. Jadi kalau Da’i ini masih mengharapkan sesuatu dlm dakwah berarti lebih goblok dari iblis. Kalah oleh Iblis dlm hal keikhlasan, bagaimana akan bisa menang. 

Iblis berkata kpd Nabi Isa AS, “Wahai Isa tahukah kamu bahwa yg menghidupkan dan yg mematikan itu adalah Allah”, Isa bilang, “Ya tahu saya itu, dan yakin sekali.” Lalu Iblis berkata kpd Isa AS, “Skrg kamu naik ke gunung, nanti kalau engkau sudah sampai dipuncaknya sana, kau lompat. Utk membuktikan keyakinan kamu, bahwa yg menghidup kan dan yg mematikan adalah Allah.” Skrg coba posisikan diri kita spt Nabi Isa AS. Seandainya ada karkun 4 bulan IPB, baru pulang lagi Jos, di tempatkan dlm keadaan spt Nabi Isa tadi bagaimana? kita di targhib Iblis masalah keyakinan spt Nabi Isa, apa yang akan kita lakukan? Kita diminta Iblis untuk naik ke atas gedung lalu kita disuruh lompat, iblis nantang, kan kita sudah yakin katanya bahwa yang menghidupkan dan yg mematikan adalah Allah. Bagaimana? berani atau tidak kita menjawab tantangan iblis tadi? apa kata iblis ini misalnya kepada kita, “Kamu ini bicara yakin2 skrg coba ttg kereta api yg lagi jalan, kamu tunggu di rel.” Berani tidak kita? utk membuktikan bahwa hidup dan mati ini ditangan Allah. Tetapi apa jawab Nabi Isa ketika ditantang oleh Iblis seperti ini, “Wahai Iblis, yg berhak menguji itu Allah. Bukan kamu.”

 Allah yang menguji hamba, atau hamba yg menguji Allah? Jelas disini Allahlah yg berhak menguji hambanya, bukan hambanya yg menguji Allah. Misalnya diatas gunung tadi ada org yg sedang mengembalakan kambing. Dibawah gunung tadi ada sekelompok da’i melihat hal itu, sehingga mrk bermusyawarah memilih org utk naik ke atas gunung utk mendakwahkan islam kepada si pengembala kambing tadi. Maka karkun yg terpilih tadi berdasarkan musyawarah, pergi naik ke gunung, dlm perjalan dia terpeleset, jatuh ke jurang, maka matinya adalah mati syahid. Ttpi kalau kita ikut kemping, pramuka, naik ke gunung, jatuh ke jurang, mati, ini namanya bukan mati syahid, ttpi mati sangit. Walaupun dia seorg karkun 4 bulan, mau menguji Allah, lompat dari gunung, maka perintahnya adalah org Alim tidak boleh mensolati jenazahnya. Jadi kalau ada org mati bunuh diri, perintahnya org Alim jgn solat, biar org2 awam saja yg mensolati. 

Kalau tidak di solatkan sama sekali, berdosa semuanya, tapi yg menyolatkan jgn org yg terkemuka spi Ulama, Bupati, Tokoh masyarakat, cukup org awam saja. Jadi kalau dia terjun lalu mati ini dia menguji Allah, ttpi jika dia naik krn dakwah, lalu terjatuh, ini dia diuji Allah namanya. Jadi org yg tadi hendak pergi ke IPB (India, Pakistan, Bangladesh), taffakkudnya 8 juta. Org ini punya uang 10 juta, 2 juta utk istri, dan 8 juta utk berangkat. Lalu sampai di Malaysia ini duitnya hilang, berarti dia ini diuji Allah. Maka tetesan air mata dia ini lebih disukai oleh Allah, dan mendpt pertolongan Allah. Ada org punya duit 100 juta, bawa duit 5 juta, di tafakkud, dia bilang udah gak usah takutlah. Tim taskil bilang, “Apa yg menyebabkan anda tidak punya duit memaksakan diri?” dia bilang, “Tidak usah tanya2 saya.” Sampai di Malaysia punya duit tinggal 3 juta. 

Di Malaysia kata Amir rombongan kumpul uang buat khidmat, dgn alasan Iqrom tidak usah ditentukan, ada org yg memasukkan uang ke dlm sorban minim sekali, ada yg hanya memasukkan tangan saja. Org mcm ini adalah pendusta dan pengkhianat. Org spt ini bukanlah seorg Da’i ttpi pengkhianat, makan duit org, copot saja jadi amir, kembalikan ke markaz. Tidak ada kerja dakwah yg macam itu, kalau uang habis, pulang saja, kerja lagi, jgn menipu teman2 dia. Menipu dgn alasan agama, targhib ttg pentingnya Iqromul Muslimin.

Kargozari: 

Ada jemaah pergi dgn taffakud Rp. 200.000, – untuk 40 hari. Ttpi baru 4 hari jln sudah pulang. Ditanya knp pulang, dia bilang, “Duit habis.” Ditanya lagi, “Knp habis?”, dia bilang, “Habis Amir shaf targhib kita harus Iqrom kpd saudara2 kita. Sehingga saya harus kasih 50 Ribu setiap hari. Jadi 4 hari sudah habis.” Lalu ditanya lagi, “Yg lain bagaimana setorannya?” dia jawab, “Cuman masukkan tangan saja.”  Padahal Allah sudah memberikan garisan: “ Watujahiduna fisabillillahi bi amwalikum wa anfusikum…” artinya : “Berjuang di jalan Allah dengan harta dan diri kamu sendiri….” Berarti org seperti ini, yg memanfaatkan org lain dgn alasan agama, telah menipu org. Penipu macam ini tidak akan bisa berhasil dlm kerja agama. Justru penipu2 macam inilah yg merusak kerja agama, merusak kerja Nabi saw. Org macam ini tidak mau ditaffakkud, tetapi mau menipu dgn alasan agama.

Kargozari: 

Kemarin ketika saya di Cianjur, saya ditanya oleh seseorg, “Ustadz boleh tidak berpuasa ketika keluar di jln Allah?” lalu saya katakan, “Mengapa tidak boleh? silahkan saja puasa. Bahkan ada jemaah masturoth dari pakistan dpt Visa 2 bulan, tidak bisa diperpanjang lagi. Mereka ke Singapore, selama disana lebih kurang 2 minggu, mereka berpuasa, suami-istri. Sehingga mereka bisa dapat Visa lagi. Jadi silahkan aja berpuasa. Tetapi dgn catatan jgn makan benda yg haram dalam puasa.” Dia bertanya, “Maksudnya benda haram bagaimana?”

Contohnya saya berikan: 

Kumpul duit Rp3000- satu hari. Nanti pada waktu sahur bilang sama Khidmat, “Besok saya mau puasa, tolong beli 2 bungkus supermie.” Lalu dibelikan supermie 2, berapa harganya? Rp2000. Ditambah lagi telor 3, Rp3000- Nanti mau buka minta dibelikan kurma dgn alasan sunnah Nabi SAW, jadi dibeli kurma ½ Kg harganya Rp. 10.000- Sementara dia nyetor duit istima’i Rp.3000,- sedangkan makannya utk puasa saja Rp.15.000,-. Ini berarti Puasa dia tidak diterima oleh Allah Ta’ala, karena puasa memakan benda yg haram. Benda haram apa? Uang teman dia dimakan utk menutupi ongkos puasa dia. Kalau mau puasa jangan memesan melebihi target dpd uang yg di setor utk istima’iyat. Jadi kalau mau puasa, berikan uang kepada khidmat yang diluar budget istima’iyat, secara infirodhi dgn uang dia sendiri mencukupi keperluan dia puasa. 

Atau org khidmat Iqrom, menggunakan uang dia sendiri utk menyenangkan temannya yg sedang berpuasa, dgn keikhlasan dia, bukan makan uang Istimaiyat. Jadi usaha agama ini adalah utk meletakkan diri kita pada runaway spt pesawat yg akan lepas landas. Jadi apa yg mampu, kita usahakan, lalu seiring waktu kita tingkatkan lagi pengorbanan. Jadi kalau ada org cuman ada 5 juta utk pergi ke IPB, tidak mencukupi taffakkudnya, maka keluar saja jln kaki di dlm negeri, atau 4 bulan dlm negeri. Jgn sampai taffakkud tidak cukup ke IPB, malah tidak keluar sama sekali, padahal dia mampu mencari jalur alternatif. Nabi saw katakan mahfum: ”Sesuatu yg tidak bisa dicapai itu, jgn ditinggalkan semuanya…” Kalau buat kerja dgn ketaqwaan yg sudah sampai disana, barulah fadhilah dari org bertaqwa ini akan Allah beritahukan: Wamai yatakilloha yaj’alahu makhroja. Wayarzukhu min haisu la yahtasib…” artinya : “Barangsiapa yg bertaqwa kpd Allah niscaya Allah akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yg tidak disangka2. Dan barangsiapa bertawakkal kpd Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya.”

Jadi nanti Allah berikan jln keluar kpd org bertaqwa tadi, jika ketaqwaannya sudah sampai disana, yaitu dibatas ketaqwaan yg Allah kehendaki, dan akan mendapatkan rizki dari arah yg tidak disangka2. Allah berfirman : “Inta takulloh yaja’alahu furqon…”, maksudnya apa? jadi semakin dia bertaqwa nanti Allah akan berikan dia petunjuk yg hebat sehingga dia dapat membedakan mana yg haq dan yg bathil. Ini kalau kita sudah memilih jalan ketaqwaan. Kalau kita sudah mencapai derajat ketaqwaan tadi baru dtg pertolongan Allah. Jadi org yg solat dirumah tadi tidak bisa mendptkan pertolongan Allah. Jalur ini ada yg namanya: 1). Fatwa di Jalan yg paling ringan atau Minimum Requirement, 2). Taqwa atau Amal yg terbaik atau batas akhir kemampuan utk beramal.

Kargozari: 

Ada seseorang bertanya kpd saya, “Pak ustadz, apakah fatwanya untuk merokok ini, haram atau makruh?” Jadi saya jawab, “Fatwa yg levelnya paling rendah ini, bagi Iman yg paling rendah, adalah Makruh. Kalau yang Imannya keblinger, Iman yang kacau, rokok ini halal. Bahkan ada yang bilang bahwa rokok ini wajib lagi, Na’udzubillah min dzalik. Hampir saya tampar org yg mengatakan rokok ini wajib kpd saya.” Jadi ketika selesai bayan org ini bertanya kpd saya, “Rokok ini haramkah, makruhkah, wajibkah?” lalu saya bilang, “Adik (karena lebih muda dari saya jauh), baru kali ini saya dengar rokok ini wajib, dari mana dalilnya ?” Kata dia, “Sopir bis antar kota ini yg perokok kalau dia menyetir, sambil merokok, maka dia akan tegar dan penumpang bisa selamat semua. Ttpi kalau dia tidak merokok, bisa mengantuk, lalu mobil bisa tabrakan nantinya krn tidak tegar, dan penumpang bisa celaka. Jadikan wajib jadinya ngerokok itu.” Lalu saya jawab,”Itu supir mana dulu, saya ada pengalaman supir dari suatu daerah ini, kalau dia nyetir agar bisa terjaga dia minum Khamar, Brandy atau Bir. 

Kalau dia minum Brandy itu, 3 hari 3 mlm dia bisa nyetir, tegar dan tidak ngantuk, artinya penumpang kan bisa selamat. Kalau tidak minum, bisa hilang ketegaran, jadi suka ngantuk2an, mobil bisa celaka, penumpang bisa tidak selamat. Kalu gitu minum Khamar ini atau Brandy ini, wajib atau tidak dlm kondisi spt ini ?” Dia bilang, “Bukan begitu caranya stadz, jelas itu tidak boleh.” Lalu saya katakan, ”Makanya otak kamu jgn di ikut2kan org kafir sana, seenak2nya buat fatwa.” Jadi jgn sembarangan membuat2 perumpamaan, mentang2 hebat ilmunya ushul fiqihnya, jangan, tidak boleh itu. Kalau seseorg ini memilih Fatwa saja, tidak memilih jalur Taqwa, spt contoh tadi yg mengatakan ngerokok itu makruh, maka org spt ini jika dia mendptkan masalah, Allah tidak akan berikan way out, atau jln keluar, Allah tidak akan tolong dia. Ttpi kalau org tadi lebih memilih jalur Taqwa, tidak merokok, baru Allah akan berikan dia way out atau pertolongan.

Kargozari: 

Ada seseorg bertanya kpd saya, “Pak Ustadz, yang namanya purdah itu betul2 wajib atau sunnah saja?” Lalu saya katakan, “Itu wajib, sebagaimana banyak para ulama menafsirkan demikian.” Tetapi banyak ulama2 sekarang yang kacau fatwanya mengatakan bahwa cadar itu tidak ada di Qur’an, yg ada Jilbab, spt dalam ayat yg artinya mahfum : “Hendaklah mereka menurunkan Jilbabnya.” Sehingga ulama yg ngaco ini menafsirkan bahwa cadar ini tidak ada di Qur’an, yg ada Jilbab. Jilbab itu sebenarnya yang ada di Indonesia, yang dipakai kebanyakan wanita disini, itu kerudung namanya, bukan Jilbab, dalam bahasa arab namanya Shima. Sedangkan Jilbab yang sebenarnya itu adalah baju yang lebar diturunkan dari atas tubuh dia, ini baru namanya jilbab. Fatwa untuk level yang paling rendah tadi adalah sampai muka saja, tidak ada purdah. Tetapi kalau Fatwa dari ulama kita ini, untuk ukuran Iman yang kuat, adalah tetap pakai purdah bagian muka ini. 

Sekarang kita pilih ketaqwaan, jika dia masih saja memilih jalan Fatwa tadi, maka jika dia mendapatkan kesulitan, Allah tidak akan berikan pada dia tadi jalan keluar. Bahkan semakin hari Allah tidak akan bukakan pada dia hijab, penghalang, untuk membedakan mana yang Haq dan mana yang bathil. Seperti firman Allah : “Inta taqulloh yaja’alahum furqona”, kalau kamu betul2 memilih Taqwa, maka Allah akan memberikan kepada kamu ini Furqon, penglihatan yang bisa membedakan antara yang Haq dan yang Bathil, antara yang Halal dan yang Haram. Bahkan kenikmatan beragama tidak akan Allah berikan dalam diri dia. Demi Allah 3x, selama istri tidak pakai purdah, maka dia tidak akan merasakan nikmatnya hadits Nabi SAW. Dusta, bohong, kalau org mengatakan bahwa saya bisa merasakan kenikmatan manisnya Iman kalau istrinya belum pakai purdah. Nabi SAW katakan mahfum: “Sebaik-baik istri ini yang kalau kamu pandang menarik hati kamu.”

Inilah ilmunya Nabi SAW, kalau istri kamu ini khusus untuk menarik pandangan kamu saja. Istri kamu cantik, kalau dia pakai purdah akan tetap seperti itu, cantiknya tidak akan berkurang. Kalau org lain menganggap istri kita ini seperti ninja, hantu, malu karena tampangnya jelek, biar saja, gak menarik, tidak apa-apa, mmng itu yang diinginkan. Mmng tujuannya itu agar kita saja yg menikmatinya. Tetapi kalu dirumah, MasyaAllah, biar suaminya saja dan Allah yg tahu kenikmatannya melihat istri melepas purdahnya dirumah. Tetapi kalau istri kita mukanya tidak ditutup purdah, maka jelas akan menarik pandangan orang lain. Seorang ulama mesir, pernah ke mesjid ini, lalu dia berkata bahwa istri Nabi ini yang namanya Ummu Salamah R.ha ini hebat dan pintar sekali orangnya. 

Beliau ini, Ummu Salamah R.ha, bertanya kpd Nabi SAW, “Ya Rasullullah, jika laki2 ini tidak boleh dipanjangkan bajunya, sedangkan perempuan harus dipanjangkan, maka sampai dimana panjangnya ya Rasullullah SAW ?” Maka jawab Nabi SAW ini adalah, “Zirroh ( satu genggam dari batas kaki / dibawah mata kaki )” Padahal kaki ini adalah bagian terburuk dari anggota badan, dan sedangkan yang paling hebat adalah muka. Jika bagian tubuh yg paling jelek saja, yaitu kaki, takut terlihat org lain, bagaimana dan muka. Ummu Salamah R.ha ketakutan kakinya terlihat org, padahal bagian yg paling buruk dari badan ini, yg jarang org mau melihatnya, bagaimana dgn muka. Jadi kalau kita memilih jalan Ketaqwaan, baru Furqon akan Allah berikan.

Contoh: 

Seseorang mengamalkan 2.5 jam amal maqomi, pergi 3 hari, dan 40 hari, ini baru Fatwa tingkatannya. Jika ini terus yang kita pertahankan, tidak ada peningkatan, maka wayout atau fadhilah orang bertaqwa tidak akan Allah berikan. Tetapi kalau sudah memilih ketaqwaan, ditingkatkan lagi menjadi 10 hari, lalu ditingkatkan lagi sampai dibatas kemampuan dia yang terakhir, maka orang seperti ini akan Allah berikan jalan keluar berupa pertolongan dan akan mendapatkan fadhilahnya orang bertaqwa. Walaupun dia belum pernah masuk ke Universitas, tetapi karena Allah telah berikan dia Furqon, tetapi untuk menjawab segala permasalahan pandai dia. Walaupun dia tidak bisa bahasa inggris, tidak bisa ilmu eksak dan ilmu pasti lainnya, tetapi Allah beri dia kemampuan untuk mengatasi masalah.

Kisah Sahabat: 

Satu hari Syaidina Ali RA ditantang oleh seorg Yahudi, “Hei Ali jawab 3 pertanyaan saya.” Kata Ali RA,”Silahkan tanyakan apa yg hendak kamu tanyakan.” Si Yahudi memberikan 3 pertanyaan:

1. Tunjukkan kpd saya binatang yg bertelor kemudian menetas, kemudian yg langsung beranak, coba sebutkan?

2. Berapa jarak antara Timur dan Barat?

3. Berapa jarak antara langit dan bumi?

Untuk ukuran kita ini pertanyaan susah sekali, sekalipun dia sekolah di Universitas Indonesia ataupun di Harvard Amerika, belum tentu bisa menjawab. Tetapi Ali RA mudah saja jawabnya, apa dia katakan:

1. Jawaban Pertama : Kalau binatang itu telinganya besar atau nampak, maka binatang itu beranak langsung. Kalau telinganya tidak ada seperti ikan atau ayam, bertelor dulu.

2. Jawaban Kedua : Jarak Timur dan Barat adalah perjalanan matahari satu hari.

3. Jawaban Ketiga : Jarak antara bumi dan langit adalah jarak do’a seorang mukmin yg mustajab.

Yahudi bertanya lagi, “Wahai Ali dimana engkau belajar?” kalau kita ditanya “Dari universitas mana lulusnya?” Ali RA katakan dari firman Allah: “Wattaqulloha wayu’allimuhu kumullah”  Maksudnya : “Taqwalah kamu terus kepada Allah, maka Allah akan ajarkan kamu ilmu apa saja”.

Kenapa seorang suami sampai sekarang belum bisa mengatasi istrinya, berarti ketaqwaannya belum benar. Maka terus perbaiki ketaqwaan kita kepada Allah, dan kemampuan ini ditingkatkan terus. Kalau seorang karkun ini 3 hari terus tiap bulan, tidak ada peningkatan, sampai kapan dia mau terus jadi wanita? mengapa demikian? Tertib 3 hari, 40 hari, 4 bulan seumur hidup ini tertib perempuan (yaitu 1/10 waktu):

- 3 Hari setiap bulan - Tertib Haid perempuan
- 40 Hari setiap tahun - Tertib Cuti wanita setelah melahirkan
- 4 Bulan seumur hidup - Tertib Masa Iddah ketika suami meninggal

Kita ini harus memakai tertib laki-laki (tertib Umar RA : 1/3 waktu) yaitu :

- 8 Jam Setiap Hari, 
- 10 Hari tiap Bulan, 
- 4 Bulan Setiap Tahun (minimal)

Jika kita sudah tingkatkan ketaqwaan kita ini sampai pada derajat ketaqwaan laki2 ini, baru nanti Allah akan ajarkan kepada kita ilmu utk menyelesaikan masalah. Kalau Ketaqwaan kita ini sudah tinggi pasti hatinya ini akan takluk hanya pada perintah Allah saja. Org bertaqwa ini tidak akan mencari perkelahian, dia tidak akan mau berkelahi. “Innaladzina amanu waamilan sholihat saidjaro man hudjan” Maksud nya: “Kasih sayang ini akan datang dengan keimanan dan ketaqwan tadi, yaitu dengan amal sholeh.” Kenapa menjadi berbencian satu sama lain, ini karena ketaqwaan kita lemah. Makanya kalau kita ini sudah bergerak, dan menambah kecepatan dari pada gerak amal kita ini, inilah yg namanya ketaqwaan.

Contoh: 

Spt kipas angin, yg mempunyai 3 btg kipas, dan speednya ada 3. Jika kipas ini hanya pada kecepatan 1, pelan saja, maka belum bisa memberikan kenyamanan. Ttpi kalau kipas ini berputar dgn speed yg jos, kecepatan 3, baru bisa memberikan kenyamanan. Jadi kalau umat ini sudah mau memberi kan ketaqwaan, bukan jln fatwa lagi, sampai pada level batas akhir kemampuan dan lalu dia tingkatkan lagi kemampuannya, maka Allah akan berikan kekuatan pada umat ini, mampu utk menghilang kan segala khilafiyah yg ada. Segala perbedaan, atau warna pada umat ini akan hilang melalui ketaqwaan tadi.

Contoh: 

Kipas ini kalau kita beri warna yang berbeda pada setiap batang kipas, maka ketika berputar pada speed, kecepatan yang pelan, maka walaupun kipas berputar tetapi masih nampak warna dan perbedaannya. Tetapi jika kipas ini berputar pada kecepatan yang jos, yang paling cepat putarannya, maka ketika itu semua warna atau perbedaan akan hilang, warna itu akan menyatu bersama dengan kecepatan. Ketika dengan menggunakan speed yang jos, yang nampak hanya putih saja. Begitu juga dengan umat ini jika dibawa geraknya dalam kecepatan yang jos, speed yang tercepat, maka semua khilafiyah yang ada pada umat ini akan hilang. 

Jadi kalu umat ini tidak di gerakkan, satu di pesantren NU, satu di pesantren Muhammadiyah, satu Universitas Islam IAIN, satu di pengajian Salafi, maka akan kelihatan perbedaannya, dan khilafiyahnya. Warnanya akan masih nampak jika tidak bergerak, masih terlihat sifat Assobiyahnya. Spt org yg menggolong2kan ini dayak, ini madura, ini jawa, ini sumatra, yang nampak hanya perbedaan saja, warna saja. Tetapi kalau semuanya sudah digerakkan dalam dakwah dengan speed yang jos, tidak akan lagi terlihat warnanya atau perbedaannya, hanya ada satu warna saja. Jadi yang nampak hanya satu warna saja yaitu warna seorg hamba Allah dan ummatnya Rasullullah SAW.

Kisah Sahabat: 

Begitu cepatnya dan tingginya kecepatan gerak dan amal di jaman Nabi SAW, sehingga ada seseorang datang ke mesjid nabi, melihat Nabi dan para Sahabat, dia bertanya, “Siapakah diantara kalian ini yang namanya Rasullullah ?” sampai seorang Nabi saja sudah tidak dikenal lagi dikalangan ummat. Ini karena apa, warnanya sudah satu, asbab josnya kecepatan gerak amal Nabi dan Sahabat RA waktu itu. Jadi mengapa warna, perbedaan, dan khilafiyah masih nampak pada ummat hari ini. Bahkan warnanya dan perbedaannya semakin nampak dan semakin bertambah. Ini karena ummat tidak digerakkan, tidak dengan kecepatan yang jos, tinggi. Mengapa tidak boleh Jos, justru kita harus Jos, tetapi khos, dengan tertib. Kalau tidak jos amalnya, maka akan makin terlihat warna dan perbedaannya.

Contoh: 

Ada org dtg kpd saya dan berkata, “Ustadz saya mampu nya masih 3 hari, habisnya saya terikat dgn partai A, dan si fulan terikat dgn partai B.” Org yg masih spt ini keluarnya dan sibuknya di partai, maka org sptiini jlnnya tidak akan pernah benar. Org spt ini akan spt pemain Akrobatik, pemain sirkus. Saya ada punya teman, sebelum pulang ke rumah dari khuruj, dia dinasehati untuk pilih salah satu saja, Dakwah atau Partai Politik. Saya katakan pada dia, Masyeik bilang, seseorang yang buat kerja dakwah, tetapi dia juga kerja buat partai politik, ini seperti orang yang naik di 2 mobil. Satu kaki di mobil panther, satu lagi di mobil kijang, serba salah. Kalau Panthernya lebih cepat dari Kijang, dia akan jatuh, begitu juga sebaliknya. 

Kalau jlnnya sama dia berusaha menyeimbangi dirinya agar tidak jatuh, inikan namanya akrobatik, pemain sirkus yg bisa spt itu. Jadi org yg tidak memilih diantara 2 kendaraan ini, maka pilihannya kalau tidak jatuh, berarti dia berbasa-basi dlm dakwah. Selama dia tidak istikhlas suatu saat nanti dia akan terlempar. Jgn kita berbasa-basi dan berkelakuan spt pemain sirkus. Ketika malam Markaz diajak, dia bilang, “Oh maaf saya tidak bisa ke markaz krn saya ada pertemuan partai”. Tidak bisa pemain sirkus itu dpt menghidupkan dakwah. Mahalah, atau mesjid, anda tidak akan bisa hidup jika cara kerja anda spt pemain sirkus. Jadi pilih mobil yg paling jos, krn nabi ini ontanya yg paling laju kalau jalan, tidak ada yg bisa membalap onta Nabi saw. Walaupun Jos, dgn kecepatan tinggi, ttai Khos, tertib dlm menjalankan, tidak sradak2 jlnnya.

Contoh: 

Naik Mobil di jalan tol dengan kecepatan 20 km/jam kapan mau sampai di tujuan, padahal orang sudah nunggu. Jadi harus Jos jalannya, cepat lajunya, tetapi harus Khos, tertib, jgn sampai melanggar kesana-kemari, nabrak org nantinya. Jadi agama ini mengiginkan umat ini untuk Jos, kecepatan tinggi amalnya, kalau dunia pelan-pelan saja. Maka kata2 untuk akherat tadi dalam Al Qur’an, “Wassali’u wassadiqu was’au illa dzikrillah fazzuru Illallah…”, maksudnya utk akherat disuruh lari, ngebut. Dunia ini dikatakan, “Walladzi ja’alalakum alhudzalulan”, maksudnya Allah telah jadikan dunia ini mudah untuk digarap. Lalu dikatakan lagi untuk dunia ini, “Famushu fi manakibiha”, maka berjalanlah dengan gontai, pelan dan santai saja. Jadi utk dunia kita jalan saja biasa, sedangkan untuk akherat kita harus lari, ngebut. 

Kalau kita sudah berlari untuk akherat, baru ini namanya ketaqwaan. Allah akan berikan Furqon pada dia, dan Allah akan selesaikan daripada masalah2nya. Tidak ada masalah yang tidak selesai kalau kita sudah memberikan pengorbanan sesuai dengan ketaqwaan, yaitu batas akhir kemampuan, bukan kemauan. Selama masih mengikuti kemauan, tidak akan datang Furqon dan jalan keluar. Tetapi jika sudah sampai batas akhir kemampuan, baru Allah berikan. Jadi perlu kita fikirkan bagaimana kemampuan ini semakin hari semakin ditingkatkan. Dari 3 hari kita tingkatkan sampai mencapai level ketaqwaan tadi.

Kargozari: 

Ketika saya di Jogya, beberapa tahun yg lalu, ada majalah di jln dgn tulisan, “Where Are You Going Tabligh?” Jadi dia bertanya, “Tabligh ini mau perginya kemana sih?” 3 hari jln kesana kemari, 40 hari, 4 bln, mau kemana mrk katanya. Maka Maulana Yunus bayankan ketika dia di kebun jeruk, sampai dimana batasan yg ingin dicapai, maka: “Fa’id amal bimis lima amantum bi fakodistadau..” maksudnya : “Kalau mrk sudah beriman seperti Imannya kamu wahai para sahabat, mrk sudah dpt hidayah.”

Jadi umat ini sudah mendptkan Hidayah, kalau level iman mereka sudah spt para sahabat RA. Kalau Iman kita belum sampai pada level para sahabat, berarti target kita belum tercapai. Kita ini ingin mencapai level iman para sahabat. Maulana Yunus katakan bahwa skrg sahabat Nabi ini diatas sumur, cahaya kelihatan dari sudut mrk, sedangkan kita ini di dlm sumur, bahkan di dlm air dlm sumur, kegelapan diatas kegelapan. Sudah jelas tidak tahu keadaan dia sendiri, ada dimana, dan figur, atau contohnya, siapa? Sehingga tidak punya tolak ukur atau pegangan hidup. Cara tidur saja tidak tahu, tambah lagi org bilang macam2 dari: kaum fanatiklah, extremistlah, dan lain2. 

Sehingga timbul islam liberallah, sekulerlah, semua sunnah nabi dibuat gak cocok, dgn alasan, “Itukan buat dijaman Nabi, skrgkan sudah beda, tidak sama lagi jamannya. Dan itukan budaya org arab.” Na’udzubillah mindzalik, katakan kpd mereka, org yg mengatakan ajaran atau sunnah Nabi SAW ini tidak cocok utk jaman skrg ini adalah binatang atau anak buah Iblis. Nabi saw katakan, “Wama arsalna illa kaffatan linnas rahmatan lil alamin”, maksudnya ajaran atau sunnah Nabi saw ini utk semua manusia, disetiap zaman, dan rahmat bg seluruh alam. 

Kalau ada orang yang mengatakan bahwa ajaran atau sunnah Nabi SAW ini sudah tidak cocok, berarti dia bukan manusia. Sunnah Nabi SAW inikan “Kaffatan Linnas”, untuk semua manusia, jadi yg bilang tidak cocok itu, bukan golongan manusia, dia itu binatang atau anak buah iblis. Bahkan anehnya ada yg bilang, seperti kalau piring di jilat anjing, Nabi SAW perintahkan utk membilas dengan air, dibasuh dgn air 7 kali dan 1 diantaranya dengan pasir, lalu apa kata mereka tentang ini, ”itukan dijaman Nabi”. Kata orang ini, ketika itu Nabi SAW tidak punya sabun, kalau jaman sekarangkan sudah ada sabun, jangan pakai cara itu lagi, sudah kadar luarsa namanya. Inilah orang yang dimaksud dengan bukan manusia, mungkin golongan binatang atau iblis. Padahal sudah jelas Allah katakan di Qur’an ini bahwa ajaran Nabi SAW ini untuk semua manusia, jadi dia ikut golongan mana? manusia kah? binatang kah? atau iblis kah?

Kargozari: 

Ketika kami di Mesir, seorang doktor dari Jerman masuk islam, gara2 membaca hadits yang telah dia uji kebenarannya. Tolong diingat, kalau org kafir ini boleh menguji Hadits, tapi kalau org beriman ini tidak boleh menguji2 Hadits. Apa yg dilakukan doktor ini, diambil piring lalu dijilatkan piring itu pada anjing. Lalu dia cuci dengan tujuh kali air, satu kali dengan deterjen utk penelitian yang pertama. Maka ketika dilihat dengan mikroskop, ternyata masih nampak kuman2 menempel. Tetapi setelah dia praktekkan hadits nabi yaitu dengan menggunakan 7 kali basuh dga air, satu diantaranya dgn pasir, maka hasilnya di penelitian dia yg kedua ini bersih tidak ada kuman. Melihat hal ini, tergugah hatinya, langsung dia masuk islam. 

Org kafir masuk islam gara2 hadits ini, sementara org islam bilang hadits ini sudah kadar luarsa. Inikan namanya org islam yang spt ini otaknya rosak. Jadi untuk agama ini kita harus jos, untuk dunia kita harus santai, tidak usah buru2. Kalau kita sudah sampai ke derajat taqwa, jos dalam amal, baru nanti Allah berikan jalan keluar. Tetapi ingat disini Jos yang Khos, Jos Khos, Jos tapi tertib, sedangkan Jos tidak tertib, ini namanya Jos Bosh. Berangkat ttpi tidak mau ditaffakkud, ini yang namanya Jos tetapi tidak tertib, dia ini ngaco namanya, mencelakakan org banyak, akhirnya kayak tadi memakan makanan yg haram. Alasannya atas nama kesetiakawanan semua uang diambil dan dikumpulkan utk membantu yg susah, ttpi susahnya karena tidak mau di taffakkud, inilah yg namanya PKI, semuanya milik negara. Kita ini bukan PKI, ttai kita ini da’i, yg keluarnya dgn uang dia masing2 sesuai dgn keuangan dia ketika di taffakkud, bukan dgn uang temennya utk keluar, makan duit haram namanya. 

Jadi keluar ini harus tertib, inilah sbbnya sebelum keluar ini harus ditafakkud, dimusyawarahkan, utk menuju kpd Khos tadi, tertib. Jadi kita ini jos bukan mengikuti kemauan sendiri saja, ttpi harus dgn tertib, dgn musyawarah. Kesalahan kerja yg kita letakkan dlm musyawarah, ini lebih baik dpd kebenaran diluar musyawarah. Walaupun salah ttpi betul2 hasil dari musyawarah, dan bukan dari musyawarah ngaco, ini lebih baik dpd kebenaran diluar musyawarah. Seseorang gerak sendiri diluar musyawarah, walaupun itu baik yg dikerjakannya, tetapi kalau dimusyawarahkan, walaupun dia salah maka ini lebih baik, dan dosanya akan diampunkan.

Kisah Sahabat: 

Dlm perang Badar 70 org kafir quraish tertangkap, lalu dimusyawarahkan oleh Nabi saw dan para sahabat, hendak diapakan tawanan ini. Dlm musyawarah itu diminta usulan2 oleh Nabi saw dari para Sahabat ra: 

1. Umar RA katakan supaya masing2 kita ambil keluarganya diantara tawanan ini lalu tebas lehernya. Supaya dihati kita ini tahu tidak ada lagi perasaan cinta pada keluarga yang gak karuan kepada yang kafir2, betul2 cinta pada Allah saja.

2. Jabir RA lebih hebat lagi usulannya, dia usulkan agar bawa semua tahanan ini dimasukkan kedalam tahanan lalu bakar semuanya.

3. Abu Bakar RA mengusulkan bahwa dikarenakan mereka keluarga kita juga, jadi kita tarik fidyah saja dari mereka, uang ini nantikan bisa digunakan utk kekuatan kita dan yg tidak ada duit bisa mengajar anak2 kita sebnyk 10 org. Jadi tawanan ini bermanfaat utk kekuatan kita.

Lalu semuanya ditertibkan oleh Nabi saw dgn mengambil keputusan sesuai dgn pendapat Abu Bakar. Besok harinya Nabi saw menangis dibawah pohon bersama Abu Bakar Siddiq RA. Lalu Umar RA melihat dan bertanya, “Mengapa engkau berdua menangis ya Rasullullah? Beritahukanlah kpd saya agar saya bisa ikut menangis juga.” Lalu Nabi saw katakan, “Wahai Umar, Allah lebih suka dgn pendapat kamu kemarin. Sebenarnya adzab sudah turun setinggi batang kurma ini, gara2 keputusan mengambil duit fidyah kemarin. Ttpi karena musyawarah, adzab tidak jadi turun. Andaikata keputusan itu diambil tanpa musyawarah maka adzab saat itu juga langsung turun.” Jadi keputusan yg salah dlm musyawarah diampunkan oleh Allah dan anehnya lagi ttp saja duit dpt, dunia untung dan akheratnya pun untung.

Contoh: 

Banyak org yg bilang, “Wah ini apa kita harus musyawarah dan karkun lemah2? diajak musyawarah tidak nyambung lagi nanti bicaranya.” Akhirnya org macam ini dia bikin geng sendiri atau markaz sendiri. Jgn begini caranya, ini berbahaya, bisa kebawa oleh iblis. Yg namanya Da’i itu ada 2 saja yaitu: Nabi atau Iblis. Jadi yg akan dibawa oleh Iblis itu apa? Iblis ini dakwahnya adalah bagaimana org membesarkan dia, kalau Nabi itu tidak seperti itu caranya. Jadi utk mengetahui dakwah nabi itu atau bukan, mudah saja, apa ukurannya, Allah firmankan: (Maakanali basharinayyusi allah walkitaba wal hukmawannubuwata summayakullalinnas kunnuibadanniwalakinkunnurabbaniyinabima kuntum tu’alim na kitabuha watubarushu..) Tidak ada satu org manusiapun yg Allah berikan kpd mrk Al Kitab, Hikmah, dan Kenabian. Dia ini tidak pernah mengatakan kpd umatnya, “Jadilah kamu pengagum saya, hamba2 saya”. Jadi tidak ada para Nabi itu mengajak ummatnya untuk mengagungkan dirinya. 

Tetapi apa yang ditaskil nabi ini? yang ditaskil nabi ini adalah jadilah kamu orang yang dekat terus dengan Allah, tetapi dengan ilmu yg kamu ajarkan dan yg kamu pelajari. Jadi kalau mereka ini sudah fikir mau bikin markaz sendiri, ini sudah pasti dakwahnya seperti iblis, karena ingin mengagung2kan nama2 peribadi atau orang tertentu. Jadi yang dibesarkan oleh pengikutnya nanti adalah nama dia itu, inilah dakwah iblis dan anak buahnya iblis. Tetapi kalau seseorang terus menempatkan dirinya dalam istimaiyat amal, maka dia akan menuju kepada “Kunnu Rabbani” berdekatan dengan Allah. 

Satu gerakan Islam itu dapat dikatakan benar, jika pengikutnya tidak bergitu kenal siapa pemimpinnya. Dan gerakan islam akan dikatakan nyeleweng jika pengikutnya sudah mengenal betul pemimpinnya, tetapi tidak mengenal Allah. Gerakan islam yang betul adalah gerakan yang mampu membawa pengikutnya untuk semakin hari semakin mengenal Allah, bukan pemimpinnya. Jadi jgn kita coba membuat gerakan sendiri2, sehingga nanti sifat kita akan seperti Iblis yg mengatakan,”Anna Khoirum minhum”, yaitu rasa atau pemikiran “Saya lebih baik dari dia.” Sebagaimana seorg karkun tidak mau bermusyawarah dengan alasan, “Mereka itukan orang lemah2.”

Perbandingan Nabi SAW dan Sahabat RA. Nabi SAW dibedah dadanya untuk dibersihkan hatinya dari berbagai macam penyakit hati sebanyak 4 kali:

1. Ketika umur 4 tahun agar hilang sifat kekanak-kanakannya
2. Ketika remaja agar hilang sifat pubernya
3. Ketika hendak menjadi Nabi agar ada kesiapan untuk menerima wahyu
4. Ketika akan Isra’ Mi’raj agar hati ini ketika menghadap Allah dalam keadaan bersih dan suci.

Sahabat Nabi tidak ada yg pernah dibedah, sebelum masuk islam, mereka adalah org yg jahil lagi. Sahabat sebelum mengenal islam ada yg pernah mandi khamr, bunuh anaknya hidup2, membelah perut wanita hamil utk judi. Ttpi disini org yg sudah dibedah dadanya utk dibersihkan hatinya oleh Allah, disuruh Allah untuk bermusyawarah dengan orang yang latar belakangnya spt sahabat tadi. Skrg adakah diantara kita yg sudah pernah mandi arak? atau mengubur anaknya hidup2? membunuh wanita hamil utk berjudi? atau ada tidak yg sudah dibedah dadanya utk dibersihkan hatinya oleh Allah? Jadi terlalu sombong org yg tidak pernah dibersihkan dadanya oleh Allah secara langsung, tidak mau bermusyawarah dgn org yg latar belakangnya tidak separah sahabat sebelum masuk islam. Inilah pentingnya kite meletakkan kerja kita dlm musyawarah agar Allah ridho pada kita dan mau membantu kita memenuhi takaza2 yg ada.

No comments:

Post a Comment