Friday, January 16, 2015

BAYAN KH UZAIRON

Memikirkan Persiapan Akhirat. Hadirin yg di muliakan Allah. Marilah kita tingkatkan kita kpd Allah, karena sesungguhnya kita semua akan di hadapkan kpd Allah dan Allah akan bertanya kpd kita, kita gunakan utk apa umur yg telah diberikan Allah, dari mana harta kita hasilkan, dan utk apa kita gunakan. Kita gunakan utk apa waktu muda kita. Apakah sudah kita amalkan ilmu2 yg diberikan oleh Allah kepada kita. Hadirin yang di muliakan Allah. Kita akan menghadapi perkara2 yg besar, kita akan menghadapi kematian, seumpama sakitnya kematian itu ditunjukkan kpd manusia yg hidup didunia ini, tentu semua org tidak akan merasakan enaknya makan dan nyenyaknya tidur. 

Hadirin yg di muliakan Allah. Kita semua akan menghadapi alam kubur, sedangkan alam kubur itu salah satu dari pertamanan surga atau jurang dari jurang2 neraka. Kita semua akan menghadapi jembatan shirat, akan menghadapi hisab, akan dihitung amal2 kita semua, baik yg zahir maupun yg batin. “Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu.(S.Al Baqarah : 284)”. 

Amal-amal yang kita sembunyikan dan amal-amal yang kita perlihatkan, semua akan di hisab oleh Allah. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehandaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (S.Al Baqarah : 284). Hadirin yang di muliakan Allah SWT. Kita semua akan menghadapi mahkamah yang agung, yang hakimnya yaitu Allah sendiri, yang menguasai seluruh alam, yang mengetahui, perkara yang dhohir dan bathin. Saksinya yaitu para Malaikat, Para Nabi dan Rasul. 

Mahkamah yang disaksikan oleh semua makhluk. Semua manusia mulai dari nabi Adam a.s. sampai manusia yang terakhir. Kita akan menjadi tontonan di mahkamah itu. Ketika kita diputus oleh Allah bahwa kita termasuk golongan orang yang diridhoi oleh Allah, maka kita bisa tidak bayangkan bagaimana kemuliaan yang kita dapatkan waktu itu. Sebaliknya, ketika kita diputus oleh Allah termasuk golongan orang yang durhaka, maka bagaimana kesusahan dan kehinaannya yang kita alami pada waktu itu. 

Hadirin yang di muliakan Allah SWT. Memikirkan hal yang seperti itulah yang menjadikan takutnya para wali Allah kepada Allah. Menjadikan bergetarnya hati org yg beriman. Karena merasakan dunia ini bukan apa-apa. Kenikmatan dunia ini bukan apa-apa. Kemuliaan dunia ini bukan apa-apa. Kenikmatan dan kemuliaan yg sebentar. Hadirin yg di muliakan Allah SWT. Langkah2nya syaitan untuk merusak kita, yaitu ketika kita lupadengan kehidupan akhirat. Ketika seseorang itu lupa dgn kehidupan akhirat kemudia sibuk dan tergiur dengan kehidupan dunia, maka hatinya akhirnya akan dipenuhi dengan ‘hubbud dunya’ (cinta dunia). Senang dgn kehidupan dunia. Perilaku dan pertimbangannya adalah dunia. Padahal dunia akan ditinggalkan. Siang-malam yg difikirkan dunia dan lupa kpd akhirat, padahal kita akan ke akhirat. Maka nabi saw. bersabda : “sesungguhnya cinta dunia itu pangkal dari segala kesalahan”. 

Seseorg itu berjalan ke akhirat tetapi yg dilihat adalah dunia bagaimana dia bisa selamat, ibarat seseorg itu berjalan ke barat tetapi dia selalu melihat ke timur, bagaimana nasib org yg spt ini, tentu dia akan menabrak dan jatuh ke jurang. Kita ini setiap hari, setiap jam, setiap meniat, tambah dekat dgn akhirat, kita berjalan menuju akhirat, dirumah kita berjalan ke akhirat, tidurpun kita bertambah dekat dgn akhirat, tetapi apabila yg kita fikirkan bukan akhirat tentu kita akan salah jalan. 

Maka hendaknya kita selalu mengingat akhirat, karena tipuan syetan itu hanya untuk org2 yang lupa kepada akhirat. Org yg tunduk , taat kepada syaithon yaitu org2 yang hatinya tidak yaqin dengan akhirat. Org yg hatinya dipenuhi yaqin dgn akhirat, memikirkan akhirat tidak akan bisa ditipu oleh syaithon. Hadirin yang di muliakan Allah SWT. Kita jadikan hari Jum’at yang mulia ini untuk bersungguh2 mempersiapkan diri utk kehidupan kita di akhirat.

“Hai org2 yg beriman, bertakwalah kpd Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yg telah diperbuatnya utk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kpd Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yg kamu kerjakan”.(S. Al Hasyr : 18). Hendaknya kita memikirkan persiapan akhirat. Utk hidup di dunia ini kita selalu memikirkannya siang dan malam, spt rumah, kendaraan, dan lain2nya, maka utk akhirat kita harus lebih mempersiapkannya. Hadirin yg di muliakan Allah SWT. Skrg ini akhirat sudah ada, surga sudah jadi, neraka sudah dinyalakan, apakah persiapan kita utk menghadapinya. 

Kalau kita mau berpikir, tentu kita bisa beramal utk akhirat kita, sehingga yg kita fikirkan siang dan malam, bagaimana amal2 kita bisa terjaga. Hadirin yg di muliakan Allah SWT. Ttpi kita ini dibuat oleh Allah dari tanah, sedangkan tanah itu punya sifat mudah dipengaruhi, maka di antara kewajiban kita adalah membuat suasana yg membuat kita ingat kpd akhirat. Kita jadikan rumah kita, anak2 kita, kampung2 kita, toko2 kita, tempat kerja kita, hidup amal agama sehingga bisa mengingatkan kita nanti di akhirat.

No comments:

Post a Comment