Thursday, January 22, 2015

KITAB MUNTAKHAB AHADIS

Maulana Yusuf Rah dan Enam Sifat Para Shahabat RA, sebuah proses pengajaran awal dan konsisten untuk membuka lebih luas terhadap pengajaran Islam. Dlm tulisan sebelumnya kitab2 yg banyak dibaca kalangan ahli aakwah dan tabligh membawa kaum muslimin banyak berhubungan dgn Rasulullah saw dan para sahabat ra, telah beberapa kitab yg banyak dibaca dan dipelajari kalangan usaha dakwah. Hal ini utk mulai banyak mengajak kaum muslimin berhubungan dgn Rasulullah saw dan para sahabat ra. Salah satu kitabnya adalah Kitab Al-hadistul Muntakhabah Maulana Yusuf Rah, yg mana kitab ini merupakan kitab yg mengandung hadis2 pilihan yg berkaitan dgn enam sifat) Setelah lama berhubungan dgn usaha dakwah, serta buku2 bacaan ijtimai dlm kerja dakwah, iaitu Kitab Riyadhush Sholihin Imam Nawawi Rah, Fadilat Amal Maulana Zakaria Rah dan Kitab Hayatus Shahabah Maulana Yusuf Rah. 

Dgn adanya kitab2 tersebut yg secara ijtimai di baca kalangan ahli dakwah dan kitab2 ini banyak berhubungan dgn hadis2 Rasulullah saw dan para sahabat ra. Dan kami bersyukur terbawa untuk dpt berhubungan beberapa kitab2 hadis lain nya yg telah disusun para Ulama lainnya, spi Kitab Al-Adzkar Imam Nawawi Rah, Kitab Targhib Wa Tarhib Imam Mudziri Rah, Kitab Ringkasan Nailul Authar Imam Asy-Syaukani Rah yg merupakan Syarh Al-Muntaqa Syeikhul Islam Ibnu Thaimiyyah Rah, Kitab At-Taj Al-Jamiu Lil Ushuli Fi Ahadistir Rasulli Syeikh Manshur Ali Nashif.

Yang mana kitab2 itu juga merupakan sumber2 rujukan dari para Ulama yang menulis kitab2 yg banyak dipelajari secara Ijtimai kalangan ahli usaha dakwah. Kecuali Kitab At-Taj, krn kitab ini merupakan susunan Ulama beberapa tahun yg lalu, jadi cukup baru, ttpi sangat baik utk dipelajari. Kitab2 yg kami sebutkan di atas itu mempunyai pola sistematik dan fokus yg berbeza2, sesuai dgn apa yg menjadi perhatian para Ulama sbg penulis terhadap Rasulullah SAW dan para shahabat RA. 

Kitab Al-Adzkar Imam Nawawi Rah, merupakan kitab yang berisi dgn hadis2 yg berkaitan dgn zikir dan doa. Kitab Targhib Wa Tarhib Imam Mundziri, merupakan kitab yg berisi dgn hadis2 yg berkaitan dgn keutamaan2 dan ancaman2. Usaha dakwah dan tabligh (org sering menyebutnya sbg jamaah tabligh) yg dikenal skrg ini mempunyai point2 yg selalu bnyk dimudzakarahkan, dan hal ini dikenal dgn Enam Sifat Para Sahabat RA, iaitu:

(1) Hakikat Kalimat Thoyyibah
(2) Hakikat Solat Khusyu Wal Khudhu
(3) Hakikat Ilmu Dan Dzikir
(4) Hakikat Ikramul Muslimin
(5) Hakikat Ikhlas Niat
(6) Hakikat Dakwah dan Khuruj Fisabilillah

Setiap bayan, apakah di markaz ataupun ketika khuruj, setiap mudzakarah, dsb, selalu terarah pada sifat2 para Sahabat RA tersebut, enam sifat. Dan kami mendptkan beberapa tulisan para Ulama berkaitan dgn Enam Sifat ini, bahkan terdapat Ulama yg menjelaskan perihal masalah umat ini secara umum penyakit nya terdapat pada Enam Sifat itu, dan tentunya solusi awalnya pada Enam Sifat itu. Enam Sifat ini bukan lah keseluruhan Islam, tetapi merupakan bagian dari Al-Islam. Hanya saja enam point dpt menjadi awal utk memudahkan terwujudnya keseluruhan Al-Islam itu sendiri. 

Ini merupakan kurikulm Awal yang dapat dipelajari semua lapisan sebagai awal untuk dapat banyak berhubungan dgn Rasulullah saw dan para sahabat ra. Akan sulit kaum muslimin saat ini mencapai ketinggian dan kesuksesan di dunia dan akhirat, jika kaum muslimin berjauhan dengan Rasulullah saw dan Para Sahabat ra. Sehingga untuk dapat mencapai kejayaan dan ketinggian di dunia dan akhirat itu, maka kaum muslimin harus berusaha berhubungan dari nasihat2 Rasulullah SAW dan para Sahabat RA.

Enam sifat para sahabat yg sering diungkap dan dibayankan itu, dpt disusun kitab2 hadis Rasulullah saw dgn bab-bab 6 sifat di atas secara sistematik. Karena bab-bab tesebut hanya enam, sedangkan banyak kitab2 hadist yg telah mengandung enam bab itu. Solat itu merupakan sifat kedua, dan solat merupakan Ibadat yg sgt asas. Jika kaum muslimin sudah terdorong ibadah Solat dgn baik, dan juga dgn dorongan utk mencari Ilmu, maka tentunya kaum muslimin ada keinginan utk ibadat lainnya, spt puasa, jaji, zakat dsb. Boleh dikatakan 6 sifat para sahabat ra ini merupakan awal utk mendalami keseluruhan Al-Islam dgn lebih baik. Di bawah ini merupakan susunan dari Kitab Al-Hadistul Muntakhabah, Maulana Yusuf Rah:

(1) Bab Kalimat Thayyibah

* Iman
* Beriman Kepada Yang Ghaib
* Beriman Kepada Hari Akhirat
* Kejayaan Ada di Dlm Mentaati Perintah2 Allah swt

(2) Bab Solat

* Solat fardhu
* Solat Berjamaah
* Solat Sunat dan Nafilah
* Khusyuk dlm Shalat
* Keutamaan Wudhu
* Keutamaan Masjid

(3) Bab Ilmu dan Zikir

* Ilmu
* Taatsur (Terkesan) Oleh Al-quran dan Hadist
* Zikir
* Keutamaan zikir kpd Allah swt
* Doa dan Zikir Matsur

(4) Bab Ikramul Muslimin

* Martabat seorang Muslim
* Akhlaq yg mulia
* Hak2 org Islam
* Mempererat Tali Silaturahmi
* Ancaman bagi org2 yg mengganggu kaum muslimin
* Mendamaikan perselisihan di antara orang Islam

(5) Bab Ikhlas Niat

* Ikhlas (membetulkan Niat)
* Iman dan Ihtisab
* Celaan Terhadap Riya

(6) Bab Dakwah dan Tabligh

* Dakwah dan Keutamaan2nya
* Keutamaan Keluar Pada Jalan Allah swt
* Adab2 Dan Amalan2 Ketika Keluar di Jalan Allah swt
* Menjauhi Perbuatan Sia-Sia

Jika kita memperhatikan beberapa kitab2 hadis lainnya spt yg kami sebutkan di atas, kita akan mendptkan bagian2 lainnya yg tidak masuk ke dalam bahagian bab-bab utamanya, 6 sifat tersebut. Atau mungkin juga kita akan mendapatkan dgn judul2 lain yg dapat berada dalam 6 sifat utama tersebut. Enam sifat para sahabat merupakan awal yg baik bagi kalangan umat Islam utk lebih berhubungan dgn Rasulullah saw dan para sahabat ra. Kami sendiri sangat tertarik dengan 6 sifat, karena kami merasakan ini sebagai awal dalam proses belajar bagaimana kaum muslimin dapat berhubungan dgn nasihat2 Rasulullah saw dan para sahabat ra. 

Konsistensi dan komitmen pengajaran yg terus-menerus terhadap 6 sifat para sahabat ra dlm kerja usaha dakwah dan tabligh ini, hal ini memberikan kemudahan bagi kaum muslimin dari berbagai lapisan dan latar belakang, bahkan dari berbagai bangsa dan suku yg berbeda2 bahasa, berhubungan dgn Rasulullah s.a.w dan para sahabat ra. Para ilama yg telah banyak berkorban dlm kerja2 dakwah dan juga mempunyai kepakaran terhadap Al-Quran dan Sunnah yg merupakan sumber Al-Islam itu sendiri, tentunya sgt memahami bahwa dgn memberikan pengajaran yg konsistensi dan komitmen terhadap bab-bab utama, maka akan memudahkan selanjutkan kaum muslimin banyak berhubungan dgn Rasulullah saw dan para sahabat ra yang telah banyak ditulis oleh para Ulama sebelumnya. 

Enam sifat para sahabat merupakan hal yg telah membuktikan di seluruh dunia dlm perjalanan dakwah ini. Sehingga usaha dakwah dan tabligh ini telah mempunyai kurikulum yg dpt diadopsi di seluruh lapisan, latar belakang, beragam suku dan bangsa di seluruh dunia, dan hal itu terbukti dgn jelas dari kehadiran banyaknya beragam org dlm ijtimai2 di beberapa negara. Di bawah ini kitab2 yg akhirnya kami sering berhubungan setelah kami berhubungan dgn kitab2 secara Ijtimai dibaca di kalangan ahli usaha dakwah dan tabligh.

(1) Kitab-Kitab Fadilat Amal, Maulana Zakaria Rah,
(2) Kitab Hayatus Sahabah, Maulana Yusuf Rah,
(3) Kitab Al-Hadistul Muntakhabah, Maulana Yusuf Rah,
(4) Kitab Riyadhush Sholihin, Imam Nawawi Rah,
(5) Kitab Al-Adzakar, Imam Nawawi Rah,
(6) Kitab Ringkasan Nailul Authar, Imam Asy-Syaukani Rah,
(7) Kitab Targhib Wa Tarhib, Imam Mudziri Rah,
(8) Kitab At-Taj Al-Jamiu Lil Ushuli Fi Ahadistir Rasulli, Syeikh Manshur Ali Nashif (Seorang Ulama Mesir)

Kitab2 di atas telah bnyk diterjemahkan di Indonesia, kecuali Kitab Imam Mundziri kami tidak mengetahui nya apakah sudah diterjemahkan atau belum. Dan kami mendapatkan relasi2 bab2 yg saling terkait dlm kitab2 tersebut, artinya bnyk juga ayat2 Al-Quran dan juga hadis2 Rasulullah saw terdpt dlm buku2 lain nya. Dan yg terpenting adalah kisah2 para sahabat, 6 sifat para sahabat, adab2 Islam, fadilat amal yg bnyk diajarkan dan dilatihkan langsung dlm usaha dakwah, tidak hanya sbg wacana-ke-wacana telah membuka kesempatan kaum muslimin utk lebih berdekatan dgn lautan nasihat Rasulullah saw dan para sahabat r.a yg telah banyak ditulis para ulama. 

Tentunya 6 sifat ini serta bahagian2 di dlmnya tidak hanya sbg wacana ke wacana, ttai perlu wujud dan aktual dlm kehidupan kaum muslimin. Sehingga para ulama yg telah lama dlm usaha dakwah ini menekankan terhadap dua aktifitas utama yaitu kerja maqomi dan kerja Khuruj. Kedua kerja ini merupakan latihan praktis, bukan lagi sbg wacana ttpi bagaimana menjadi sebuah yg lebih aktual dan wujud. Dan hal itu memerlukan kerja dgn pengorbanan yg berkelanjutan. Insya Allah, kami lanjutkan dlm tulisan Usaha Dakwah memberikan jln yg mudah utk menarik kaum muslimin dlm berbagai lapisan dan latar blkg utk banyak berhubungan dgn Rasulullah saw dan para sahabat ra.

No comments:

Post a Comment