Friday, January 30, 2015

HADIAH DARI ALLAH KEPADA NABI MUHAMMAD

Ketika Rasulullah saw pergi bermiraj, dia bertanya kpd Allah, “Ibrahim adalah khalilMu, Musa adalah kalimMu, mukjizat Daud adalah melunakkan besi, mukjizat Sulaiman adalah memerintahkan angin, mukjizat Isa adalah membangkitkan org mati, jadi apa mukjizatku?” Allah berfirman “Wahai RasulKu terkasih, aku telah memberikanmu sesuatu yg tak Kuberikan kpd rasul lain.” Rasulullah saw bertanya “Apa yg kau berikan kpdku?” “Hingga hari kiamat, namamu dan nama Ku takkan terpisahkan. Aku telah memberikamu hadiah yg paling baik.” Allah telah menjadikan Musa sbg khalimNya. Musa meminta kpd Allah “Ya Allah, bukalah dadaku.” 

Dia memintanya sehingga Allah membukanya. Tapi bagi Rasulullah saw, Allah telah membukanya bahkan seblm dia memintanya, “Aku telah membuka dadamu (Al-Quran).” (Ayat Alam Nasyrah), Musa a.s meminta “Buatlah pekerjaanku menjadi mudah”, sdgkan utk rasulNya terkasih, Dia langsung memberikannya tanpa perlu diminta “Aku telah memudahkan pekerjaanmu utkmu (Quran).” Inilah erti yg paling dkt dari ayat tersebut, tapi ini bukan terjemahan yg sebenarnya. Ibrahim adalah khalil dan dia meminta “Ya Allah, stlh kematianku, buatlah namaku sering disebut.” Allah menerimanya tapi utk kekasihNya (Nabi Muhammad) Allah langsung memerikannya tanpa diminta, “Aku telah membuat namamu sering disebut (Quran)”. 

Musa a.s dipanggil Allah ke Gunung Thur, jadi dia dtg dgn berlari, Allah bertanya “Ya Musa, knp kau dtg berlari? Aku tidak memintamu utk berlari?” Dia menjwb, “Ya Allah, ketika seorg tuan mmggil dan pelayannya dtg dgn cpt, maka sang tuan menjadi bahagia. Jadi aku berlari utk menyenangkanMu.” Allah meminta semua makhlukNya utk menyenangkan Nya, Musa a.s berkata, “Senanglah dgnku”, tapi Dia yg meminta semua makhluk menyenangkanNya, Sang Penguasa Dunia berfirman “Wahai kekasihKu, Aku akan memberimu begitu bnyk sehingga kau merasa senang.” 

Ayat ini begitu menyanjung Rasulullah saw. Meskipun semua ayat Quran menyebutkan keutamaan Nabi Muhammad, tapi ayat ini adalah yg terbaik di antara ayat2nya. “Aku akan memberikanmu begitu bnyk sehingga kau senang” Dia meminta semua makhlukNya utk menyenangkan Nya, tapi dia berfirman “Aku ingin menyenangkanmu (Rasulullah)”. Sang Pencipta menunjuk an kasih syg kpd makhluknya, “Kau adalah habibku.” 

Yg lain adalah khalil, yg lain adalah khalim, yg lain adalah habib. Habib adalah seseorg yg cintanya tak terbatas. Allah berfirman “Wahai RasulKu, katakan kpd mrk, jika mrk berjln mengikutimu, maka mrk akan berjaya, jika mrk tidak mengikutimu, maka mrk akan gagal.” (M Tariq Jamil).

No comments:

Post a Comment